Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Beri Ruang untuk Atlet Muaythai dan Tinju Amatir, Bupati HST Gelar Fighting Championship Cup

Kompas.com - 25/08/2023, 13:34 WIB
F Azzahra,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi secara resmi membuka Fighting Championship HST Cup 2023 di lapangan Dwi Warna Barabai, HST, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (18/8/2023).

Bupati Aulia mengatakan, Fighthing Championship Cup merupakan event pertama di HST yang diinisiasi Komite Olah Raga Nasional (KONI) HST.

"(Fighting Championship Cup) merupakan ruang untuk mengakomodasi (atlet) muaythai dan tinju amatir (yang) masih sedikit, sehingga kami gelar kegiatan ini sebagai peluang bagi atlet-atlet baru untuk mencapai prestasinya," jelas Aulia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (25/8/2023).

Untuk diketahui, pada Pekan Olahraga ke-12 Provinsi (Porprov) Kalsel di Hulu Sungai Selatan (HSS), cabang olahraga muaythai dan tinju amatir menyumbang medali untuk kontingen HST.

Baca juga: Raih Capaian SDGs Tertinggi, Dua Desa di Hulu Sungai Tengah Terima Penghargaan dari Kemendesa PDTT

Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri berharap turnamen ini dapat memberikan manfaat positif bagi para peserta.

"Semoga turnamen ini dapat memberi pengalaman bagi para peserta dan memperkuat tali persahabatan," tutur Mansyah saat menutup Fighting Championship Bupati HST Cup 2023, di lapangan Dwi Warna Barabai, HST, Kalsel, Kamis (24/8/2023).

Sementara itu, Ketua Panitia event Fighting Championshop Bupati HST Cup 2023 M Fakhrurazi melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan hampir sepekan. Rinciannya, Muaythai dilaksanakan pada 18-19 Agustus 2023 dan tinju amatir pada 22-24 Agustus 2023.

Fighting Championshop Bupati HST Cup 2023 diikuti oleh 119 atlet dari enam kabupaten yang ada di Kalsel atau Banua Enam Kalsel.

Baca juga: Hulu Sungai Tengah Punya Deretan Rumah Murah, Cek di Sini (II)

"Muaythai tersedia 13 nomor pertandingan dan diikuti 62 atlet. Tinju amatir diikuti 57 atlet dengan 12 nomor tanding. Seluruh atlet yang hadir berasal dari Banua Enam," imbuh Fakhrurazi.

Total ada 9 medali emas, 7 perak dan 5 perunggu yang dipereputkan dalam cabang muaythai di Fighting Championshop Bupati HST Cup 2023. Sedangkan tinju amatir memperbutan 6 medali emas, 6 perak dan 3 perunggu.

Pada cabang muaythai, HST sendiri mengirimkan 4 atletnya untuk bertanding, yakni M Fauzan, M Hizrian, Dewi Raisa Ramadani, dan Helda Safitri. Mereka merupakan atlet yang mewakili Kalsel dalam pra-PON 2023.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST melalui Bupati Aulia pun mendukung keempat atlet tersebut dengan memberikan uang saku kepada mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com