Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Puluhan Ribu Masyarakat Ramaikan Pembukaan Tangerang Digital Festival 2023

Kompas.com - 12/08/2023, 17:12 WIB
Inang Sh ,
Sheila Respati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Tangerang Digital Festival 2023 di Taman Elektrik, Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Sabtu (12/8/23).

Kepala Diskominfo Indri Astuti mengatakan, Tangerang Digital Festival resmi dibuka dan akan berlangsung hingga Minggu (13/8/2023).

“Berbagai edukasi, pelayanan, hingga sajian produk UMKM bisa dinikmati warga Kota Tangerang dalam satu lokasi,” katanya dalam siaran pers, Sabtu. 

Festival itu menghadirkan sejumlah stan kolaborasi antara edukasi, informasi, dan digitalisasi ekonomi di Kota Tangerang.

Sebanyak 100 lebih stan dibuka, seperti 25 stan pelayanan digital Pemkot Tangerang hingga karya inovasi teknologi dari berbagai kampus ternama di Kota Tangerang.

Baca juga: Tangerang Digifest Kemerdekaan Siap Hadirkan Beragam Keunggulan Digital Kota Tangerang

“Tadi telah tersaji penampilan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan dengan beragam kebudayaan dan informasi digital di masing-masing dinasnya," ungkapnya.

Selain stan usaha mikro kecil menengah (UMKM), para pengunjung dapat mengunjungi stan teknologi digital dari kampus. 

Stan-stan tersebut, seperti dari Universitas Bina Nusantara dengan teknologi real time interactive, virtual reality (VR), dan trailer film. 

Kemudian, Universitas Budhi Dharma menghadirkan karya-karya produksi robotic, Swiss-German University membawa mesin sorting nori dan counting machine untuk mekanisme binatu dan lainnya.

“Ayo ramaikan setiap kemeriahannya, gratis, dan bertabur banyak doorprize menarik di setiap kegiatan," seru Indri.

Baca juga: Sebaran Dokter Spesialis di Banten Tidak Merata, Terpusat di Tangerang Raya

Pada kesempatan itu, Universitas Budi Luhur menampilkan tiga motor listrik dengan beragam keunggulannya, tentu ini merupakan hasil karya mahasiswa program studi Elektro. 

Hasil karya itu, mulai dari motor sport hingga motor angkut barang dengan kekuatan listrik yang hemat biaya dan ramah lingkungan.

"Jika berkunjung ke Tangerang Digital Festival wajib ke stan Universitas Budi Luhur, melihat, belajar atau sekadar mencoba motor listrik buatan mahasiswa, wajib berkunjung," kata Deswa, Peserta Universitas Budi Luhur.

Festival ini juga menggelar sajian Gerak Jalan Indah dari OPD dan kecamatan yang terlihat menghibur masyarakat. 

Kegiatan gerak jalan itu menghadirkan beragam kostum dari daerah dengan beragam properti. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com