Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SOROT POLITIK

Ajak Masyarakat Pahami Pemikiran Bung Karno, DPD PDI-P Jatim Gelar Bedah Buku "Merahnya Ajaran Bung Karno"

Kompas.com - 15/06/2023, 17:16 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Timur (Jatim) akan menggelar diskusi bedah buku Merahnya Ajaran Sukarno karya akademisi muda Airlangga Pribadi Kusman.

Bedah buku tersebut digelar untuk menyambut Bulan Bung Karno yang diperingati setiap Juni di Ibis Surabaya City Center, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Sabtu (17/6/2023).

Kepala Badiklatda PDI-P Jatim Daniel Rohi mengatakan, diskusi buku tersebut membahas kontekstualisasi ajaran Bung Karno di tengah dunia yang sedang berubah, dinamika konstelasi geopolitik global, dan kesetaraan gender.

Dia mengatakan, buku Merahnya Ajaran Sukarno membawa arah baru, baik dalam kajian studi pemikiran pendiri bangsa maupun bagaimana bangsa ini mengapresiasi proklamator Republik Indonesia Bung Karno.

"Melalui karya Airlangga Pribadi Kusman ini, kita diajak untuk memahami betapa kebesaran Sukarno tidak saja pada kemampuan retorika pidato dan komunikasinya yang sanggup menyatukan Indonesia," katanya di Surabaya, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Soal Pertemuan AHY-Puan, Syarief Hasan Bicara Kemungkinan Demokrat Bentuk Koalisi dengan PDI-P

Lebih dari itu, kata Daniel, buku tersebut berhasil menguraikan sesuatu yang jarang dielaborasi secara tuntas dari karya-karya kajian Sukarno yang lain.

Pasalnya, Merahnya Ajaran Sukarno mengurai kekuatan intelektual Sukarno yang jernih, solid, dan brilian serta memiliki peran besar dalam memberi arah bagi perjuangan bangsa Indonesia.

"Dari sini, buku ini menjadi salah satu rujukan intelektual untuk menggali api gagasan-gagasan Soekarno dan menggunakannya sebagai lensa analisis maupun kebijakan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia saat ini dan di masa depan," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim tersebut.

Daniel mengatakan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI-P Hasto Kristiyanto akan menjadi keynote speaker bedah buku Merahnya Ajaran Sukarno.

Bedah buku tersebut akan dimoderatori Ketua Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jatim Deni Wicaksono.

Baca juga: Syarief Hasan: Demokrat Sangat Terbuka Bekerja Sama dengan PDI-P

 Acara itu juga menghadirkan dua narasumber, yakni anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puti Guntur Soekarno dan akademisi, penulis, pengamat bidang militer, pertahanan, dan keamanan Connie Rahakundini.

"Pak Sekjen Hasto sudah konfirmasi untuk hadir," ujar Daniel yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDI-P Jatim itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com