Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Terima Satyalancana Wira Karya dari Jokowi, Herman Deru Terbukti Jadi Teladan bagi Masyarakat

Kompas.com - 12/06/2023, 16:14 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menerima anugerah tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anugerah itu merupakan apresiasi dari pemerintah pusat kepada kepala daerah yang memberikan kontribusi kepada negara sehingga menjadi teladan bagi orang lain.

Penghargaan itu disematkan langsung Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam Pembukaan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI 2023 di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (10/6/2023).

Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diterima Herman Deru kali ini merupakan penghargaan kedua yang diterimanya pada 2023.

Sebelumnya, dia mendapatkan penghargaan dari Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional HM Yadi Sofyan Noor berupa penghargaan Abdhi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama, Jumat (10/6/2023).

Dalam pembukaan Penas kali ini, SYL menegaskan, pertanian hebat karena ada pemerintahan yang hebat.

Baca juga: Terima Adhi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama, Herman Deru: Demi Kemajuan Pertanian dan Perikanan di Sumsel

"Kita rindu petani yang makin kompak dan kokoh. Mengapa? Kalau pertanian kokoh maka kokoh juga bangsa Indonesia," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (12/6/2023).

Syahrul juga menyambut digelarnya Penas KTNA setelah tertunda karena pandemi Covid-19. Ajang ini juga digelar untuk melihat sejauh mana kemajuan teknologi pertanian.

Terlebih, Penas KTNA dihadiri para mitra pertanian dari seluruh Indonesia sehingga transaksi tentang pertanian berjalan dengan baik.

"Bapak Presiden Jokowi menitipkan pesan terima kasihnya kepada petani se-Indonesia. Tiga tahun Covid-19, tetapi sektor pertanian tetap tumbuh. Saya ucapkan terima kasih kepada para gubernur, bupati/wali kota, dan stakeholder, serta KTNA," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor mengatakan, Penas merupakan pertemuan petani dan nelayan yang juga menjadi ajang untuk belajar dan mengajar.

Baca juga: Herman Deru Minta BPN Sumsel Kerja Lebih Baik Tangani Masalah Pertanahan yang Kian Menumpuk

Ajang ini juga digunakan untuk bertukar informasi sehingga dapat membangkitkan sektor agribisnis.

"Kegiatan Penas Petani Nelayan XVI 2023 Padang berlangsung pada 10-15 Juni 2023 dengan melibatkan 23.000 peserta dari seluruh Indonesia," paparnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengucapkan selamat datang kepada para kontingen Penas KTNA dari penjuru seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan kebersamaan hari ini akan menjadi semangat dalam rangka untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan pada 2045," ucapnya.

Pembukaan Penas Petani Nelayan XVI 2023 juga dihadiri Herman Deru bersama sejumlah bupati dan wali kota di Sumsel.

Baca juga: Program Inisiasi Gubernur Herman Deru “GSMP” Berkontribusi Kendalikan Inflasi Sumsel

Adapun Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya diberikan kepada 14 gubernur se-Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com