Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Perpanjangan SK Pj Bupati Muba untuk Apriyadi, Gubernur Herman Deru Berikan Pesan Khusus

Kompas.com - 25/05/2023, 19:11 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru memberikan pesan khusus kepada Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi Mahmud untuk bekerja dengan baik karena kini merangkap jabatan.

"(Rangkap jabatan) ini cukup sensitif. Bapak Apriyadi sebagai aparatur sipil negara (ASN) yang merangkap jabatan politik harus bisa bekerja sama dengan semua pihak, baik sesama ASN maupun Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba," tutur Herman Deru melalui keterangan persnya, Kamis (25/5/2023).

Dia mengatakan itu setelah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) kepada Apriyadi di ruang Rapat Bina Praja Setda Provinsi Sumsel, Kamis (25/5/2023).

Ia menjelaskan, kunci utama dari persoalan rangkap jabatan politik di daerah adalah hubungan horizontal dan vertikal yang erat dengan berbagai pihak. Upaya ini penting agar kemajuan daerah bisa berjalan baik.

Menurutnya, kepala daerah harus bisa membangun legitimasi sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pembangunan daerah yang dilakukan semakin meningkat.

Baca juga: Minta Semua Pihak Bantu UMKM Naik Kelas, Gubernur Sumsel: Tanpa Dorongan, UMKM Akan Lambat Maju

"Kepercayaan masyarakat merupakan hal yang nomor satu. Gol yang harus dicapai adalah kesuksesan pembangunan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang bisa diterima Kompas.com, Kamis.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) kepada Apriyadi Mahmud di ruang Rapat Bina Praja Setda Provinsi Sumsel, Kamis (25/5/2023).
DOK. Humas Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) kepada Apriyadi Mahmud di ruang Rapat Bina Praja Setda Provinsi Sumsel, Kamis (25/5/2023).

Dia menyebutkan, pemerintah adalah eksekutor dalam pembangunan. Oleh karena itu, dia meminta kepala daerah menyelaraskan kinerja mulai dari tingkatan paling bawah, yaitu ada di lapangan.

“Kita juga harus sadari jika tanggung jawab ini bukan hal yang ringan," terangnya.

Lebih lanjut, Herman Deru menjelaskan, Apriyadi ditunjuk kembali sebagai Pj Bupati Muba karena dinilai mampu melaksanakan tugas dengan baik.

"Artinya, kinerja Pak Apriyadi ini selama menjabat sebagai Pj Bupati Muba dinilai baik dan berhasil sehingga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memperpanjang jabatan ini," ujarnya.

Baca juga: Sumsel Jadi Tuan Rumah Rapim Perdhaki, Herman Deru: Baik untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Lebhi dari itu, kata dia, Muba merupakan salah satu kabupaten yang menjadi sorotan dan memiliki nama besar.

“Muba memiliki banyak sumber daya alam (SDA) yang dapat dimanfaatkan. Oleh sebab itu, kelola ini dengan sebaik-baiknya sehingga mendorong kemajuan daerah," pesannya.

Untuk diketahui, Apriyadi saat ini menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif Kabupaten Muba yang baru dilantik pada Rabu (29/3/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com