Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bupati Tabanan Terima Penghargaan Satyalancana Wirakarya

Kompas.com - 11/06/2023, 14:07 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Kabupaten Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya SE, MM menerima penghargaan Satyalancana Wirakarya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penghargaan tersebut dia terima pada pembukaan Rembug Utama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-XVI di Pangkalan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Sebagai informasi, penghargaan diserahkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasir Limpo (SYL) yang hadir mewakili Presiden Jokowi dengan menyematkan pin Satyalancana Wirakarya pada kemeja Bupati Sanjaya.

"Untuk saudara-saudara ketahui, penghargaan ini tidak main-main karena (penilaiannya) harus melalui proses verifikasi yang sangat ketat. Tidak semua (kandidat) bisa lolos, karena persyaratannya Anda harus bersih (dari catatan kriminal) dan memikul tanggung jawab besar di kemudian hari," kata Mentan SYL melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Baca juga: Patung Buddha Tidur di Vihara Dharma Giri Tabanan, Terbesar di Bali

Menteri Pertanian Syahrul Yasim Limpo menyerahkan pin penghargaan Satyalancana Wirakarya kepada Bupati Sanjaya.Dok. Pemerintah Kabupaten Tabanan Menteri Pertanian Syahrul Yasim Limpo menyerahkan pin penghargaan Satyalancana Wirakarya kepada Bupati Sanjaya.

Mentan SYL menjelaskan, proses pengajuan dan verifikasi penerima penghargaan Satyalancana telah dilaksanakan sejak 2022 melalui tiga tahapan. Verifikasi akhir sebelum sidang penetapan dilaksanakan secara langsung oleh Sekretariat Militer Presiden (Sekmilpres).

Adapun penghargaan Satyalancana Wirakarya diberikan karena Bupati Sanjaya dipandang telah berperan aktif dalam pembangunan bidang pertanian. Salah satunya, melalui program Mangun Tani Ngardi Kertaning Jagat dengan menerapkan kegiatan Bupati Ngantor di Desa (BUNGAN DESA).

Melalui program tersebut, Bupati Sanjaya dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan pertanian dengan cepat dan efisien, serta membangun kolaborasi bersama stakeholder untuk meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat setempat.

Upaya tersebut juga berhasil menjadikan Kabupaten Tabanan sebagai lumbung padi utama di Provinsi Bali.

Baca juga: Pemkot Malang Gandeng Pemkab Tabanan Kembangkan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik

Dalam pidatonya, Bupati Sanjaya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan atas kerja keras yang berhasil membuahkan hasil manis.

"Penghargaan ini juga dikatakan sebagai hasil dari kerja keras dari seluruh jajaran Pemkab dan juga seluruh elemen masyarakat. Saya juga merasa bangga karena sebagai warga negara mampu memberikan dharma bhakti kepada nusa dan bangsa, terlebih mampu menjadi tauladan bagi masyarakat," kata Bupati Sanjaya.

Bupati Sanjaya mengatakan, penghargaan tersebut juga akan menjadi motivasi bagi dirinya untuk terus meningkatkan pembangunan yang lebih baik di Kabupaten Tabanan.

"Penghargaan ini adalah kerja keras dan hasil kolaborasi semua elemen yang ada di Tabanan. Oleh karenanya, saya dan seluruh komponen masyarakat Tabanan bertekad untuk terus membangun Tabanan yang aman, unggul, dan madani, serta tetap menjadikan Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali dan salah satu Kabupaten lumbung pangan nasional," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com