Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla di Mempawah Diperkirakan Mencapai 600 Hektar, Polisi Selidiki Penyebabnya

Kompas.com - 23/02/2023, 18:11 WIB
Hendra Cipta,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

MEMPAWAH, KOMPAS.comKebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar).

Penyuluh Muda Kehutanan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Mempawah, Arif mengeklaim lahan yang terbakar seluas 600 hektar.

“Kebakaran sudah sejak dua pekan yang lalu, sekarang luasnya kurang lebih 600 hektar,” kata Arif kepada wartawan, Kamis (23/2/2023).

Baca juga: Riau Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla, Berlaku 9 Bulan

Arif menerangkan, saat ini tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, kepolisian dan TNI masih berjibaku memadamkan api yang semakin meluas.

Pantauan di lapangan, kebakaran mengakibatkan kepulan asap tebal dan mempengaruhi jarak pandang masyarakat yang berkendara melintasi desa.

“Kendala di lapangan jarak atau akses yang sulit untuk menjangkau titik api serta minimnya ketersediaan air,” ungkap Arif.

“Selain itu, angin begitu kencang, sehingga dapat menyebabkan kebakaran semakin meluas,” timpal Arif.

Sementara itu, Wakapolres Mempawah, Kompol Rully Robinson Polii menyatakan, saat ini ada dua lokasi karhutla yakni di Kecamatan Jungkat dan Mempawah Hilir. Keduanya tengah dilakukan pemadaman.

“Kami juga sudah memerintahkan seluruh Polsek untuk melakukan edukasi agar masyarakat tidak melakukan pembakaran sembarangan, terutama di wilayah gambut,” ucap Rully.

Rully juga menegaskan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut.

“Terkait unsur kesengajaan masih melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tutup Rully.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com