Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Rel Kereta Api Semarang Tawang Alastua Masih Terendam Genangan Air

Kompas.com - 08/02/2021, 18:02 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Jalur kereta api di daerah Kaligawe Kota Semarang, Jawa Tengah, masih terkena imbas banjir setelah hujan lebat pada Jumat (5/2/2021) malam.

Kondisi terkini pada pukul 15.00 WIB ketinggian genangan air di petak Jalan Semarang Tawang Alastua yang meredam kop rel di jalur hulu mencapai 20 sentimeter dan jalur hilir mencapai 24 sentimeter.

"Di km 2+700 s.d 3+100 ini merupakan yang paling dalam airnya, masih melewati ambang batas yang diizinkan untuk pola operasi KA," jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro ditemui saat tinjauan di jalur kereta api Kaligawe Semarang, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Kondisi Terkini Banjir Indramayu, Ratusan Rumah Terendam, 4.400 Warga Mengungsi

Pantauan Kompas.com, sejumlah petugas KAI resort Jalan Rel Daop 4 Semarang tampak sedang berupaya menangani dengan meninggikan jalur sepanjang 500 meter itu.

Hal ini dilakukan untuk membuat jalur kereta api sebisa mungkin mendekati ambang batas kedalaman air yang diizinkan untuk pola operasi kereta api.

"Bila ketinggian air 7,5 sentimeter di atas kop rel, maka pola operasi KA akan bisa dibuka kembali untuk jalur lintas utara ini," ucapnya.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro meninjau lokasi Jalan Semarang Tawang Alastua, Senin (8/2/2021)KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro meninjau lokasi Jalan Semarang Tawang Alastua, Senin (8/2/2021)

Pihaknya berupaya mempercepat penanganan peninggian trek hingga hari ini bisa ditangani dengan baik.

"Ada dua mesin perawatan jalan rel untuk membantu mempercepat penanganan peninggian trek saat ini. Juga akan datang ekskavator dari Stasiun Tanggung untuk membantu pas di perlintasan untuk ditinggikan supaya langsam," ujarnya.

Baca juga: BPBD DKI: 150 RT di Jaktim dan Jaksel Terendam Banjir, 1.029 Warga Mengungsi

Pihaknya berharap cuaca panas mendukung untuk mempercepat pemulihan jalur lintas utara disamping juga pompa pompa air di wilayah sekitar Kaligawe berfungsi maksimal sebagai saluran buang ke arah drainase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com