Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Keramaian Tetap Buka Saat Gerakan "Jateng di Rumah Saja", Bupati Batang: Rakyat Butuh Makan

Kompas.com - 04/02/2021, 05:00 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat kebijakan baru bernama gerakan Jateng di Rumah Saja untuk menekan penyebaran Covid-19.

Gerakan tersebut rencananya diterapkan secara serentak di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah pada 6-7 Februari 2021.

Selama kebijakan itu diberlakukan, seluruh warga di Jawa Tengah diimbau untuk tetap tinggal di rumah.

Adapun seluruh tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan akan dilakukan penutupan. Mulai dari pasar, toko, mal, destinasi wisata dan lainnya.

Sedangkan pelayanan umum seperti layanan kesehatan dan transportasi publik tetap buka, namun, dilakukan pengetatan protokol kesehatan.

Baca juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja, Pasar hingga Pusat Keramaian di Batang Tetap Buka

Tak sepenuhnya berlaku di Batang

Meski kebijakan tersebut sudah dibuatkan surat edaran (SE) oleh Ganjar, namun hal itu tak sepenuhnya diberlakukan di Kabupaten Batang.

Bupati Batang Wihaji menegaskan jika tempat keramaian seperti pasar, tempat wisata dan lainnya akan tetap beroperasi seperti biasa. Hanya saja akan dilakukan pengetatan protokol kesehatan.

“Surat edaran sudah saya baca, ada poin akhir yang harus kita lihat kondisi lokal Batang dengan menerjemahkan SE tersebut yang harus memahami suasana kebatinan rakyat, seperti pedagang somai, mi ayam keliling atau para pelaku UMKM yang mendapat rejeki di hari libur akhir pekan,” kata Wihaji, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja, Pasar Tradisional di Banyumas Tetap Buka

Dengan pertimbangan tersebut, pihaknya tak ingin membuat kondisi masyarakat di daerahnya semakin terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Di situ (akhir pekan) aktivitas ekonomi rakyat mendapatkan rezeki, kita memahami suasana kebatinan Pak Gubernur, tapi kita harus memahami suasana kebatinan rakyat Batang. Rakyat butuh makan,” kata dia.

Meski demikian, untuk mendukung program tersebut pihaknya tetap mengimbau masyarakat yang tidak ada aktivitas agar dapat tetap di rumah.

"Silakan yang tidak ada aktivitas ya di rumah saja. Tapi yang mencari rezeki silakan cari rejeki," jelasnya.

Baca juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja Diterapkan 6 dan 7 Februari, Ini Penjelasan Lengkapnya

Penulis : Kontributor Pekalongan, Ari Himawan Sarono | Editor : Dony Aprian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com