Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

120 Desa di Riau Dapat Jaringan Internet Tahun Ini, Bantu Murid Belajar Daring

Kompas.com - 07/01/2021, 05:52 WIB
Citra Indriani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun infrastruktur jaringan internet untuk 120 desa yang tersebar di sejumlah daerah di Riau pada 2021.

Pembangunan jaringan internet desa tersebut didasarkan atas surat permohonan dari Gubernur Riau Syamsuar kepada Kemkominfo pada Agustus 2020 lalu. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau Chairul Riski mengatakan, ada 283 desa di Riau yang diusulkan untuk mendapat pembangunan infrastruktur internet.

Baca juga: Kondisi Gelap, Pemuda Ini Tak Sengaja Injak Ular Kobra, Dipatuk hingga Ambruk dan Tewas

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran jarak jauh atau daring bagi para murid sekolah.

Namun, dari jumlah tersebut, pada tahun ini pemerintah akan lebih dulu merealisasikannya terhadap 120 desa di berbagai kabupaten.

"Saat pandemi Covid-19 ini kita sangat membutuhkan media pembelajaran jarak jauh dalam jaringan untuk para siswa," kata Riski dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Polisi: Korban Merekam Aksi Pelaku Ekshibisionisme untuk Membela Diri

Riski menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur internet tersebut nantinya akan difokuskan terhadap desa-desa yang belum memiliki akses internet maupun jaringan 4G.

Seperti misalnya di Kabupaten Indragiri Hilir terdapat 18 desa.

Kemudian, di Kabupaten Pelalawan ada 8 desa.

Berikutnya di Rokan Hulu terdapat 23 desa.

"Jadi kalau misalnya kantor desanya jauh dari pemukiman, tidak pasang di situ. Diprioritaskan dekat sekolah atau wilayah perumahan penduduk desa," ujar Riski.

Dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur jaringan internet tersebut, Pemprov Riau juga bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) serta PT Telkom.

"Jadi, targetnya pada akhir 2022 sebanyak 283 desa di Riau yang kita usulkan itu sudah memiliki akses internet semua," kata Riski.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com