Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Gampong Berdaya, Dorong Pendidikan dan Kesehatan Warga Desa Terpencil

Kompas.com - 19/11/2020, 15:37 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Upaya untuk mendorong kesejahteraan warga desa terus dilakukan, terutama oleh BUMN melalui program tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR.

Di Aceh Timur, sebuah program untuk mendorong pendidikan hingga perekonomian warga desa terpencil dilaksanakan oleh Pertamina EP Asset 1 Rantau Field.

Program ini bernama Gampong Berdaya, yang dilaksanakan di Desa Tampur Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur.

Totok Parafianto, Field Manager Pertamina EP Asset 1 Rantau Field mengatakan, program ini merupakan program penyediaan akses pendidikan lanjutan di kawasan terpencil. Yakni, penyediaan SMP dan SMA.

Baca juga: Berjuang Lawan Deforestasi, Perempuan Ini Antar 5 Desa Hutan Bujang Raba Raup Rp 1 M dari Jual Karbon

Program ini juga menyediakan sarana dan prasarana kesehatan dalam menunjang peningkatan pola perilaku bersih dan sehat. Misalnya, program pipanisasi air bersih di desa itu.

Program ini juga memberikan dampak ekonomi.

"Yakni melalui pemanfaatan potensi pertanian dan pengolahan komoditas lokasi untuk usaha ekonomi masyarakat," kata Totok melalui rilis ke Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Program ini mendapatkan penghargaan Padmamitra Award 2020 dari Kementerian, Sosial dalam kategori Keterpencilan.

Baca juga: Bank Sampah Online ala Bumdes Sugih Mukti, Buang Sampah Diganjar Rupiah

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial, Juliari P Batubara, kepada Manager Public Relation PT Pertamina EP, Hermansyah Y Nasroen, pada Selasa (17/11/2020).

"Kementerian Sosial dan pemerintah tidak bisa bekerja sendirian tidak hanya pada situasi pandemi Covid-19 sekalipun dalam keadaan normal," kata Juliari.

"Maka diharapkan perusahaan swasta, swasta nasional, swasta multinasional dan bumn, ikut bersama-sama bergotong royong royong memperbaiki kehidupan yang ada di masyarakat kita ini," pungkas Juliari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com