Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Kandidat Pilkada Kalteng Tetap Berlangsung Tanpa Sugianto Sabran

Kompas.com - 19/11/2020, 15:32 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com-Calon cubernur Kalimantan Tengah nomor urut 2 Sugianto Sabran dipastikan tidak mengikuti debat publik ke-2 setelah dinyatakan positif Covid-19.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim menerangkan, absennya Sugianto pada debat publik yang digelar di Jakarta itu didasarkan surat resmi dari tim pasangan calon nomor urut 2 bernomor 139/Timkam SS-EP /KTG/XI/2020 perihal berhalangan mengikuti debat.

"Surat ini juga dilampiri surat dari RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya terkait laporan hasil pemeriksaan laboratorium sampel Covid-19 atas nama beliau," kata Harmain seperti yang dilansir Antara, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Jelang Debat Kedua, Cagub Petahana Kalteng Sugianto Sabran Positif Covid-19

Hal itu, kata Harmain, sesuai dengan Peraturan KPU RI nomor 11 tahun 2020 tentang kampanye pasal 22 ayat 4 yang menyatakan pasangan calon yang tidak mengikuti debat publik atau debat terbuka karena alasan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Karena kondisi tersebut debat publik kedua Pilkada Kalteng hanya diikuti tiga orang yakni pasangan nomor urut 1 (Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar) dan Edy Pratowo yang merupakan calon wakil gubernur dari pasangan calon nomor urut 2.

"Dan pada dasarnya debat tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Sesuai dengan surat tim kampanye pasangan calon," kata Harmain.

Sementara itu dalam unggahan video singkat yang telah ramai beredar di media sosial, calon gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyampaikan dirinya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Saya baru saja mendapatkan kabar terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes usap atau 'swab test'," katanya melalui unggahan video singkat tersebut.

Baca juga: Kementan Targetkan 30.000 Hektar Lahan di Food Estate Kalteng Rampung Desember 2020

Meski dinyatakan terpapar virus tersebut, Sugianto mengaku dalam keadaan baik dan tidak merasakan gejala apa pun.

Dia pun menyatakan tengah melakukan isolasi mandiri sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com