Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Bakal Calon Wali Kota Makassar Sudah Minta Jadwal Pendaftaran ke KPU

Kompas.com - 27/08/2020, 20:41 WIB
Hendra Cipto,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Gunawan Mashar mengungkapkan ada empat bakal calon (Balon) Wali Kota Makassar yang memasukkan surat permohonan penyampaian jadwal kedatangan mendaftar ke KPU.

“Saat ini ada empat bakal paslon yang masuk surat permohonannya menyampaikan jadwal kedatangan mendaftar di KPU Makassar pada hari pertama, yakni tanggal 4 September 2020. Diketahui, jadwal pendaftaran mulai 4 hingga 6 September 2020,” ungkap Gunawan kepada wartawan, Kamis (27/8/2020).

Gunawan menuturkan, empat balon Wali Kota Makassar yang memasukkan surat permohonan penyampaian pendaftarannya yakni Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto), Syamsul Rizal (Daeng Ical), Munafri Arifuddin (Appi), dan Irman Yasin Limpo (None).

Baca juga: Jumlah Pendukung Paslon Pilkada Makassar 2020 Saat Mendaftar Dibatasi 15 Orang

Dengan keadaan seperti ini, lanjut Gunawan, tentu sulit mengabulkan jadwal yang diminta bapaslon karena waktunya yang sangat berdekatan.

“KPU Makassar akan memutuskan dan mengatur jadwal pendaftaran dan kedatangan bapaslon dengan mengacu pada beberapa pertimbangan di antaranya bukti administrasi yakni dalam hal ini surat yang duluan masuk akan jadi pertimbangan untuk didahulukan,” katanya.

Gunawan menjelaskan, dari hasil dua kali simulasi pendaftaran yang dilakukan, waktu yang dibutuhkan rata-rata 2 jam 30 menit.

Waktu itu belum termasuk waktu untuk melakukan sterilisasi ruangan setelah bapaslon yang mendaftar pulang.

“Dengan gambaran seperti ini, perlu rentang waktu yang cukup antara kepulangan satu bapaslon dengan kedatangan bapaslon lainnya,” jelasnya.

Baca juga: Fakta Lengkap Bocah 13 Tahun Diduga Korban Salah Tangkap Polisi di Makassar

Gunawan menegaskan, pihak KPU Makassar mewajibkan protokoler Covid-19 dengan tidak ada kerumunan, jaga jarak minimal 1 meter.

Dengan begitu, tambah Gunawan, KPU Makassar akan mengatur dan mengumumkan jadwal pendaftaran  bapaslon pada rakor yang menghadirkan LO parpol, Kepolisian, TNI, Bawaslu, dan Satgas Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com