Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjebak Asap, 4 Petugas Damkar Pingsan Saat Padamkan Kebakaran di Makassar

Kompas.com - 25/08/2020, 23:30 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Empat petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar harus dilarikan ke rumah sakit usai mengalami sesak napas saat memadamkan api di toko onderdil dan suku cadang motor di Jalan Bandang, Kecamatan Bontoala, Makassar, Selasa (25/8/2020)

Kabid Operasional Dinas Damkar Kota Makassar Hasanuddin mengatakan bahwa 4 petugas damkar tersebut pingsan saat memadamkan api di dalam ruangan toko lantaran mengalami sesak oleh asap dari oli.

Empat petugas yang pingsan tersebut ialah Rusli, Armin, Ivantri, dan Daus.

"Isi ruko penuh dengan oli dan kulit kabel yang tajam asapnya. 4 petugas terjebak asap dan kini dirawat di RS Akademi," kata Hasanuddin kepada wartawan, Senin malam.

Baca juga: Satu Unit Mobil Damkar Masih Disiagakan di Gedung Kejaksaan Agung

Kebakaran di ruko tersebut, kata Hasanuddin, terjadi sekitar pukul 19.30 WITA. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.20 WITA.

Dari pantauan Kompas.com, selain suku cadang kendaraan bermotor, isi ruko juga terdapat oli dan bensin sehingga api kembali muncul meski telah dipadamkan berkali-kali.

Plt Kadis Damkar Makassar Elodewata Sahid mengungkapkan, petugas damkar kesulitan memadamkan api lantaran warga berkerumun di sekitar lokasi kebakaran

"Ini karena membeludaknya masyarakat. Kedua kami dihalangi oleh pintu besi pada ruko itu dan  juga kaca untuk naik ke (lantai) atas," kata Elodewata.

Baca juga: Petugas Damkar Evakuasi Ibu Hamil yang Pingsan di Rusun Cipinang Muara

Petugas Damkar harus menggunakan mobil yang memiliki tangga hidrolik untuk memadamkan api di lantai 2 ruko tersebut.

Saat ini api kondisi di sekitar lokasi telah steril. Namun mengenai penyebab kebakaran dan jumlah ruko yang terbakar, polisi masih melakukan olah TKP. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com