Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Karhutla, Kapolda Jateng Intensifkan Patroli Gabungan

Kompas.com - 21/08/2020, 21:05 WIB
Dian Ade Permana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Jawa Tengah patut diwaspadai saat musim kemarau.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menginstruksikan anggotanya untuk rutin melakukan patroli hutan bersama petugas gabungan.

Dikatakan Luthfi, pencegahan dan penanggulangan karhutla merupakan instruksi dari Presiden RI.

"Kami akan memerintahkan kepada seluruh personel Polri untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Jateng," ucapnya saat meninjau wilayah PTPN IX Desa Gogik Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, Jumat (21/8/2020).

Baca juga: BNPB Datangkan Helikopter Buatan AS untuk Tangani Karhutla dan Covid-19

Secara khusus, dia juga memberikan imbauan kepada petugas PTPN IX agar memperhatikan wilayahnya dan segera melapor kepada pihak terkait apabila ada kebakaran lahan dan hutan.

“Kami menghimbau kepada petugas PTPN IX untuk awasi dan segera lapor apabila terdapat kebakaran dan kami akan tindak tegas bagi yang sengaja atau lalai menyebabkan kebakaran hutan di wilayah Jawa Tengah," kata Luthfi.

Baca juga: Sumsel Mulai Alami Kekeringan, Antisipasi Karhutla Mulai Disiapkan

Menurut dia, penanganan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerja sama terpadu yang tidak hanya melibatkan Polri, TNI dan pemerintah.

"Semua instansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan Karhutla di wilayah Jawa Tengah khususnya Kaki Gunung Ungaran ini dengan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com