Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dapat Asuransi dan Uang Transport Rp 200.000

Kompas.com - 06/08/2020, 14:39 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Relawan uji klinis tahap3 calon vaksin virus corona (Covid-19) tidak akan mendapatkan bayaran apapun.

Namun mereka akan diasuransikan dan kesehatannya terus dipantau tim medis yang berasal dari dokter umum dan dokter spesialis.

“Selain itu, mereka dapat ongkos Rp 200.000 per datang. Berarti (jika dijumlah) dapat Rp 1 juta, kan lima kali datang untuk lima bulan,” ujar Ketua Tim Penelitian Uji Klinis Tahap 3 Calon Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof Kusnandi Rusmil di Bandung, Kamis (6/8/2020).

Baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dimulai 11 Agustus 2020, Relawan yang Disuntik Boleh Bepergian

Kusnandi mengatakan, pihaknya sengaja tidak memberikan uang kepada sukarelawan. Agar sukarelawan bergerak karena kesadaran bukan uang.

Jumlah relawan yang dibutuhkan dalam proses uji klinis tahap 3 ini sebanyak 1.620 relawan. Namun, tidak semua peserta akan disuntikkan vaksin.

Sebanyak 540 orang akan disuntikkan vaksin, sedangkan sisanya akan mendapat cairan plasebo. Penentuan pemberian vaksin atau plasebo akan dilakukan secara acak.

Para relawan ini, sambung Kusnandi, akan dipantau kesehatannya oleh tim medis. Bila ada relawan yang diare atau apapun, mereka bisa dirawat dimanapun.

“Mereka kan diasuransikan. Kalau sakit mereka akan diperiksa dan dirawat. Kemudian tim dokter akan melihat apakah ini karena vaksin atau bagaimana,” ungkap dia.

Baca juga: Erick Thohir: Bio Farma Siap Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Tersedia Mulai Desember 2020

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, uji klinis ditargetkan selesai Januari 2021. Jika setelah uji klinis, bahan baku tersedia, pihaknya sudah siap memproduksi 100 juta dosis vaksin per tahun sesuai kapasitas.

“Kita akan ada tambahan 150 juta dosis selesai Desember 2020. Pada 2021 kapasitas kami siap untuk 250 juta dosis,” ucap dia.

Vaksin Covid-19 hanya salah satu yang nantinya diproduksi Bio Farma. Hingga kini ada sejumlah vaksin yang diproduksi.

“Total kapasitas produksi (Bio Farma) 2 miliar dosis per tahun,” tutup dia.

Baca juga: Ini Efek Samping Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari China Saat Disuntikkan ke Relawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com