Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Sultan Kesepuhan Cirebon Dimakamkan Sesuai Tradisi Keraton

Kompas.com - 22/07/2020, 10:15 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Jenazah Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon Jawa Barat, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, sudah dalam perjalanan dari Rumah Sakit Sentosa Bandung menuju Keraton Kasepuhan, Rabu pagi (22/7/2020).

Jenazah akan mengikuti prosesi upacara penghormatan terakhir dan selanjutnya dimakamkan sesuai tradisi dan adat.

"Sultan Sepuh Arief meninggal dunia pada sekitar pukul 05.20 WIB di Rumah Sakit Sentosa Bandung. Sekitar pukul 08.00 WIB, jenazah sudah diberangkatkan dari rumah sakit menuju Cirebon," kata Jajat Sudrajat Protokoler Keraton Kasepuhan kepada Kompas.com di halaman keraton, Rabu pagi (22/7/2020).

Baca juga: Sultan Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat Wafat

Jajat menerangkan, setiba di area kompleks keraton, jenazah Sultan Arief akan diterima oleh keluarga inti dan petugas khusus. Mereka akan menjalani prosesi ini hingga pemakaman sesuai adat dan tradisi keraton. 

"Sultan akan dimakamkan di kompleks Astana Gunung Sembung Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Makamnya berdekatan dengan ayahnya, Pangeran Raja Adipati Maulana Pakuningrat," tambah Jajat.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, sejumlah keluarga, kerabat, dan abdi dalem mulai mendatangi kompleks Keraton Kasepuhan.

Baca juga: Dianggap Tugu, Makam Sesepuh Sunda Wiwitan Disegel Pemda Kuningan

 

Sejumlah petugas TNI Polri dan Satpol PP Kota Cirebon juga sudah berjaga di sekitar lokasi. Tim penyambutan jenazah sedang merapihkan dan mempersiapkan kedatangan jenazah Sultan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com