Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Terjadi di Sejumlah Wilayah Aceh Tengah, 57 Jiwa Mengungsi

Kompas.com - 14/05/2020, 11:59 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Bencana banjir bandang di Takengon, Aceh Tengah, Aceh, yang terjadi Rabu (13/5/2020) sore ternyata bukan hanya terjadi di Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan.

Bencana serupa juga terjadi di tiga kampung di dua Kecamatan di Takengon, Aceh Tengah, Aceh, Rabu (13/5/2020).

Berdasarkan laporan yang diterima wartawan dari Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Aceh Tengah, Azemi, sebanyak 47 kepala keluarga terdampak banjir bandang, dan 57 jiwa mengungsi akibat banjir bandang yang terjadi di daerah dataran tinggi itu.

"Di Kecamatan Kebayakan bencana terjadi di kampung Paya Tumpi Induk yang berimbas kepada 11 KK dengan 33 jiwa, Kampung Paya Tumpi Baru 7 KK atau 24 Jiwa, dan Kampung Pinangan 29 KK atau 96 jiwa. Dan di Kecamatan Bebesen di Kampung Daling dengan korban terdampak 19 KK dan 48 jiwa," ujar Azemi seperti yang tertulis dalam laporan.

Baca juga: Banjir Bandang di Aceh Tengah, Rumah dan Mobil Hanyut, Warga Mengungsi

Musibah banjir bandang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, seiring dengan hujan deras yang mengguyur daerah itu.

Bencana tersebut juga menyebabkan dua warga mengalami luka ringan, yakni 1 warga Kampung Paya Tumpi Baru dan seorang korban lagi merupakan warga Kampung Paya Tumpi Induk.

Sementara jumlah pengungsi dari Kampung Paya Tumpi Induk mencapai 11 KK atau 33 Jiwa. Lalu di Kampung Paya Tumpi Baru berjumlah 7 KK atau 24 Jiwa. Total pengungsi mencapai 57 jiwa.

Kerusakan rumah warga juga dilaporkan bervariasi karena terdapat hunian warga yang mengalami rusak berat, sedang maupun ringan.

Ketinggian air yang masuk ke perkarangan rumah warga, lanjut Azemi, rata-rata mencapai 50 sentimeter hingga 1,5 meter.

Tim Tagana daerah itu terus memantau perkembangan pasca-banjir yang terjadi di sejumlah lokasi.

"Saat ini hujan sudah berhenti, sebagian air sudah mulai surut. Untuk sementara warga mengungsi ke rumah dan sekolah," sebut Azemi.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir bandang terjadi di Kampung Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Rabu (13/5/2020) sore.

Peristiwa yang terjadi di tengah hujan deras itu menyebabkan satu unit mobil milik Kepala Desa Paya Tumpi Idrus Syahputra terseret air dan material lumpur yang bercampur batu dan kayu.

Baca juga: Banjir Bandang di Aceh Tengah, Rumah dan Mobil Hanyut, Warga Mengungsi

Tak hanya itu, satu unit mobil lainnya hanyut terbawa material lumpur sejauh lebih kurang 30 meter.

"Mobil Reje (kades) lengket ke pagar akibat diterjang longsor. Kalau tidak tersandar di pagar, ya bakal sama hanyut seperti mobil kijang kapsul yang sempat parkir di depan rumah Reje tadi," ucap Sri Waluyo, warga di Kampung Paya Tumpi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com