Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diamuk Si Jago Merah, Proyek Gedung Hotel Tentrem Semarang Hangus Terbakar

Kompas.com - 28/12/2019, 13:58 WIB
Riska Farasonalia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gedung proyek pembangunan Hotel Tentrem Jalan Gajah Mada Semarang terbakar pada Sabtu, (28/12/2019).

Kebakaran itu dilaporkan terjadi pada pukul 04.00 WIB. Api berkobar di lantai 8 hingga merambat ke lantai 6, 7, 9 dan 10.

Petugas yang mendapatkan laporan pun bergegas menerjunkan sejumlah mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi kejadian.

Kepala Bidang Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Tri Joto mengatakan pihaknya telah mengerahkan sebanyak enam unit mobil damkar untuk memadamkan api dan satu mobil tangga.

Baca juga: Ini Alasan Obama Menginap di Hotel Tentrem

"Penanganan awal kami menerjunkan enam mobil pemadam dan satu mobil tangga untuk memadamkan api di lantai 8. Prosesnya sekitar 1,5 jam yang agak lama karena harus pakai selang yang disambung-sambung gitu," jelas Tri kepada Kompas.com, Sabtu (28/12/2019).

Tri menjelaskan kobaran api di gedung tersebut merambat ke beberapa lantai lainnya dan menghanguskan barang-barang seperti sekat triplek dan partisi hotel.

"Gedungnya kan memang masih dirancang seperti Petronas masih tahap pembangunan rencana mau dibikin hotel. Yang terbakar di gedung sebelah kiri kalau dari jalan raya. Ada banyak triplek dan partisi-partisi yang hangus terbakar," jelas Tri.

Petugas damkar dengan sigap telah memadamkan si jago merah.

Baca juga: Mendarat di Adisutjipto, Obama Menuju Hotel Tentrem Yogyakarta

Berdasarkan laporan sementara, lokasi yang terbakar merupakan gedung pembangunan Hotel Tentrem dan sedang dilakukan olah tempat kejadian perkara.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran dan tidak ada korban jiwa.

"Gak ada korban jiwa, gak ada yang terluka. Sejauh ini sudah aman. Api tadi memang diketahui dari salah satu tamu dari Hotel Ibis yang berada tepat di seberang gedung yang terbakar. Sekarang aktivitas pembangunan kembali seperti biasa," kata Tri.

Pantauan Kompas.com, saat ini nampak ratusan pekerja bangunan sudah kembali beraktivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com