Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil: Ini Kesempatan Indonesia Membuktikan

Kompas.com - 21/12/2019, 17:18 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil angkat bicara terkait rencana pembangunan ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ridwan Kamil yang menjadi salah satu juri dalam sayembara desain ibu kota baru mengatakan, konsep yang digunakan untuk membangun ibu kota baru akan membanggakan bangsa Indonesia.

Hal ini juga menjadi kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk membuktikan kemampuannya dalam mendesain sebuah ibu kota sendiri.

"Ini kesempatan Indonesia membuktikan ada kota yang didesain oleh bangsa Indonesia sendiri, bukan warisan kolonial. Termasuk Istana Presiden-nya baru. Kita patut berbangga dan akan menjadi kebanggaan Indonesia di masa depan," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari 570 peserta sayembara yang terlibat sekarang sudah ada satu desain yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Ridwan Kamil Bocorkan Desain Ibu Kota Baru, Seperti Apa?

Desain yang dipilih tidak hanya memiliki konten lokal yang cukup kuat, melainkan juga diproyeksikan sebagai kota pintar di masa depan.

"Kemarin presiden sudah memberikan arahan, sudah dipilih (satu) desain ibu kota baru di Kalimantan. Dari 570 peserta yang terpilih dan dijurikan oleh 13 orang, termasuk saya mewakili masyarakat dan keilmuan," kata Emil di Kantor Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Sabtu (21/12/2019).

Hanya saja terkait detail, termasuk siapa pemenang sayembara tersebut belum berani dibeberkan.

Alasannya, karena ia tidak ingin dianggap melangkahi kewenangan Presiden.

"Konsep masih rahasia akan diumumkan nanti tanggal 23 Desember baru boleh dipublikasi ke masyarakat. Desainer juga masih rahasia," katanya.

Penulis : Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana|Editor : Khairina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com