Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Bocorkan Desain Ibu Kota Baru, Seperti Apa?

Kompas.com - 21/12/2019, 12:47 WIB
Putra Prima Perdana,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga menjadi salah satu dari 13 orang juri sayembara desain ibu kota baru Indonesia memberikan sedikit bocoran terkait desain ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pria yang akrab disapa Emil ini menambahkan, Presiden Joko Widodo telah memilih satu desain yang akan dijadikan konsep pembangunan ibu kota baru.

"Kemarin presiden sudah memberikan arahan, sudah dipilih (satu) desain ibu kota baru di Kalimantan. Dari 570 peserta yang terpilih dan dijurikan oleh 13 orang, termasuk saya mewakili masyarakat dan keilmuan," kata Emil di Kantor Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Sabtu (21/12/2019).

Baca juga: Jokowi Sudah Pilih Desain Ibu Kota Baru, Diumumkan 23 Desember

Emil mengungkapkan, dari desain yang terpilih, ibu kota baru akan memiliki identitas bangsa Indonesia yang sangat kuat.

"Insya Allah desain ibu kotanya bagus, keren, punya identitas ke-Indonesiaan yang kuat dan punya sustainibilitas yang baik," ungkapnya.

Meski memiliki konten lokal yang kuat, Emil memastikan, berdasarkan desain yang telah terpilih, ibu kota baru diproyeksikan menjadi kota pintar di kemudian hari.

"Keunggulannya adalah identitas ke-Indonesiaan yang futuristik, punya kecerdasan kota di masa depan. Kalau dieksekusi dengan baik akan menjadi kota terbaik dunia," tuturnya.

Baca juga: Sayembara Desain Ibu Kota Baru, Jangan Sampai Masalah Jakarta Pindah ke Kaltim

Meski demikian, Emil tidak mau melangkahi kewenangan Presiden.

Menurut dia, konsep ibu kota baru secara detail akan dijabarkan oleh Presiden Jokowi termasuk siapa pemenang sayembara desain tersebut.

"Konsep masih rahasia akan diumumkan nanti tanggal 23 Desember baru boleh dipublikasi ke masyarakat. Desainer juga masih rahasia," katanya.

Selain itu, dalam desain yang telah dipilih juri dan Presiden, ibu kota baru akan memiliki bangunan-bangunan monumental yang akan menjadi ikon baru negara Indonesia.

"Ada banyak (bangunan monumental)," akunya.

Emil memastikan, desain ibukota baru akan membanggakan bangsa Indonesia.

"ini kesempatan Indonesia membuktikan ada kota yang didesain oleh bangsa Indonesia sendiri, bukan warisan kolonial. Termasuk Istana Presiden-nya baru. Kita patut berbangga dan akan menjadi kebanggaan Indonesia di massa depan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com