Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Kering Lebih Lama, 313 Karhutla Terjadi di Bangka Belitung

Kompas.com - 30/11/2019, 12:38 WIB
Heru Dahnur ,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Daerah kaya timah, Kepulauan Bangka Belitung, dihadapkan pada ratusan kali kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sejak setahun terakhir.

Tercatat hingga 29 November 2019 terjadi sebanyak 313 karhutla di berbagai daerah kabupaten termasuk wilayah kota.

"Dari total 427 kejadian bencana, sebanyak 313 berupa Karhutla. Petugas berjibaku memadamkan api siang ataupun malam di berbagai wilayah," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa kepada Kompas.com, Sabtu (30/11/2019).

Dia menuturkan, kejadian Karhutla cukup signifikan disebabkan musim kering yang berlangsung lebih lama.

Baca juga: Menteri LHK: Masuk Musim Penghujan, Karhutla di Sumsel Sudah Berkurang

Selain itu, banyak lokasi Karhutla yang kondisi medannya sulit dijangkau sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk pemadaman.

Ratusan Karhutla yang telah terjadi itu, juga menyasar lahan di kawasan wisata pantai dan perkebunan masyarakat.

Kerugian materil dirasakan pemilik lahan, namun belum ada yang melaporkan resmi dampak Karhutla itu.

Selain Karhutla, BPBD juga mencatat sebanyak 26 kali kejadian puting beliung, 13 kali banjir, 6 kali tersambar petir dan 2 kali laka laut.

Baca juga: Polda Kalbar Investigasi Kasus Karhutla yang Diduga Libatkan Korporasi di Melawi

Jumlah korban meninggal akibat bencana mencapai 41 jiwa, 1 hilang, dan 10 luka-luka.

Sementara kerusakan rumah akibat bencana sebanyak 23 unit, 1 jembatan dan 5 unit fasilitas publik yang terdiri dari 4 sarana pendidikan dan 1 tempat ibadah. Sedangkan gedung perkantoran tercatat nihil.

Dengan beragamnya peristiwa bencana di Kepulauan Bangka Belitung, BPBD mengajak masyarakat untuk selalu waspada serta mendorong sinergi stakeholder pemerintah maupun swasta untuk bergotong royong dalam program mitigasi.

Kompas TV Masih terbakarnya lahan gambut di Ogan Komering Ilir yang menyebabkan kabut asap di Palembang membuat status tanggap darurat diperpanjang hingga 10 November mendatang. Dari pantuan udara menunjukkan luasnya lahan gambut dalam yang terbakar asap yang ditimbulkan dari kebakaran mengepul ke udara hingga membatasi jarak pandang. Sejumlah titik-titik api juga terlihat di beberapa lokasi upaya pemadaman terus dilakukan Satgas Gabungan Penanggulangan Karhutla dengan kekuatan 10 heli <em>water bombing</em> dan 1300 personel tambahan. Masih terbakarnya lahan gambut membuat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memperpanjang masa tanggap darurat karhutla dari sebelumnya hingga 30 Oktober menjadi 10 November 2019. 500 personel kepolisian Polda Sumatera Selatan beserta 300 anggota TNI dari Kodam II Sriwijaya dikirim ke wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan untuk memadamkan api nantinya personel tambahan ini dikerahkan selama 10 hari untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan yang masih terus terjadi di daerah Sumatera Selatan. Jika dalam 10 hari titik api belum berkurang maka akan dikirim pasukan tambahan. #KebakaranLahan #OganKomeringIlir #TanggapDarurat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com