Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Hujan Es di Kota Serang, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 14/11/2019, 10:59 WIB
Acep Nazmudin,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Angin kencang disertai hujan es terjadi di Kota Serang, Banten, pada Rabu (13/11/2019) siang. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan bangunan rusak. 

Butiran es sebesar kerikil sempat dilaporkan turun di sejumlah wilayah di Kota Serang, seperti Cipocok Jaya dan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Baca juga: Hujan Es Hingga Pohon Tumbang Terjadi di Kota Serang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, hujan es terjadi lantaran adanya luruhan awan kumulonimbus yang meningkat signifikan.

"Peluruhan awan atau punah sangat singkat, sehingga mengakibatkan angin kencang dan hujan es," kata Prakirawan BMKG Serang, Trian, kepada Kompas.com, saat dihubungi, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, hujan es dan angin kencang akan normal terjadi pada saat peralihan musim atau pancaroba.

Di wilayah Serang dan Banten Utara saat ini, kata Trian, tengah memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim hujan hingga awal Desember 2019.

Baca juga: BMKG Soal Angin Kencang hingga Hujan Es di Bojonegoro: Biasa Terjadi Saat Pancaroba

Peralihan musim akan ditandai dengan munculnya hujan disertai angin kencang hingga butiran es. Suhu udara juga akan berubah menjadi ekstrem, yakni lebih panas.

"Saat musim peralihan, sering terjadi fenomena wajar seperti angin kencang, hujan es, puting beliung, gelombang tinggi dan suhu ekstrem," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com