Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang dan Hujan Es Landa Rangkasbitung, Sejumlah Rumah Rusak

Kompas.com - 26/10/2019, 19:31 WIB
Acep Nazmudin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Angin kencang disertai hujan es terjadi di wilayah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (26/10/2019). Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan bangunan rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi, mengatakan, hujan disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Hujan berlangsung sekitar satu jam. Namun, lantaran disertai angin kencang, sejumlah pohon tumbang di beberapa titik.

"Yang tercatat di dalam kota ada lima titik, belum yang di wilayah sekitar seperti di Kalanganyar dan Cibadak," kata Kaprawi kepada Kompas.com di kantor BPBD Lebak, Sabtu (26/10/2019).

Baca juga: Angin Kencang di Magelang, 1.220 Rumah Rusak

Selain menumbangkan pohon, hujan angin juga mengakibatkan sejumlah rumah di Kampung Ciseke, Rangkasbitung, rusak. Atap rumah beterbangan, dan kaca pecah terkena puing yang terbawa angin.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, menurut Kaprawi, pohon tumbang sempat menimpa kabel listrik hingga menyebabkan mati lampu di sejumlah wilayah di Rangkasbitung. 

Baca juga: Angin Kencang di Bandung, Ribuan Rumah Rusak, Ratusan Pohon Tumbang

Sementara di Kecamatan Cibadak, hujan angin disertai dengan hujan es. Hujan es di sekitar Rangkasbitung terjadi untuk kedua kali setelah bulan lalu terjadi di Kecamatan Cimarga, sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Rangkasbitung. 

"Hujan es sekitar pukul 14.30 WIB, sempat panik, karena awalnya bergemuruh menimpa atap, tapi hanya sebentar, butirannya kecil sebesar kelereng," kata Farhan kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com