Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 5 Bulan Kelas di Sekolah Ini Ambruk, tapi Belum Juga Diperbaiki

Kompas.com - 04/11/2019, 18:01 WIB
Taufiqurrahman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sudah lima bulan siswa kelas II SDN Palesanggar 5 di Dusun Aeng Rasah Laok, Desa Palesanggar, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, belajar campur baur dengan siswa dari kelas lainnya.

Pasalnya, ruang kelas yang biasa digunakan ambruk. Siswa kelas 1 di sekolah tersebut harus rela berbagi ruang kelas dengan 13 siswa kelas 2.

Pelaksana Tugas Kepala SDN Palesanggar 5 Moh Kasim menjelaskan, atap sekolah kelas ambruk pada Juni.

Pada saat kejadian, sekolah sedang libur sehingga tidak ada yang menjadi korban.

"Sudah lama yang ambruk dan hingga sekarang belum diperbaiki," ujar Kasim saat ditemui di sekolah, Senin (4/11/2019).

Baca juga: Kisah Suhendri, Kakek yang Tolak Rp 10 Miliar demi Jaga Hutan: Idolakan Soekarno hingga Diperhatikan Mahasiswa Jepang

Kasim menambahkan, penyebab ambruknya satu ruang kelas itu karena adanya pergeseran tanah sehingga pondasi bangunan juga ikut bergerak. Dinding kelas kemudian retak-retak.

"Setelah pondasi dan temboknya bergeser, kayu di bagian atap tidak kuat menahan pergeseran bagian bawah bangunan sehingga atapnya ambruk," ungkap Kasim.

Kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan. Namun, hingga kini belum ada informasi lebih lanjut kapan bangunan tersebut akan diperbaiki.

"Disurvei sudah, tapi kapan akan dibangun lagi belum tahu," ujar dia.

Dikonfirmasi secara terpisah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Prama Djaya menjelaskan, seluruh bangunan di SDN Palesanggar 5 yang kondisinya ambruk ataupun yang sudah retak-retak, akan direhab total.

Sesuai rencana, rehab akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

"Rehab sekolah itu sudah masuk dalam perencanaan. Tahun 2020 sudah bisa dilaksanakan dan tinggal menunggu lelang selesai," kata Prama Djaya.

Prama belum tahu jumlah anggaran rehab sekolah tersebut. Namun, pihaknya memastikan bahwa seluruh gedung akan direhab total. 

Baca juga: Kisah Ali Sadikin Sering Cekcok dengan DPRD DKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com