Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5 Guncang Tenggara Cilacap, Terasa hingga Banjarnegara

Kompas.com - 14/10/2019, 20:12 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 5 dilaporkan terjadi di tenggara Cilacap, Jawa Tengah, Senin (14/10/2019) sekitar pukul 18.33 WIB.

Kepala Kelompok Teknisi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Lokasi gempa 8.45 LS, 109.28 BT. Pusat gempa berada di laut 85 kilometer tenggara Cilacap, kedalaman 10 kilometer," kata Teguh melalui aplikasi perpesanan, Senin malam.

Baca juga: Pengungsi Korban Gempa Dipungut Biaya Saat Berobat di RS Darurat, Bupati Prihatin

Teguh mengatakan, gempa dirasakan di wilayah selatan Jawa, yaitu Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta. Hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dampak kerusakan akibat gempa.

Menurut Fieky Free Khantoro, warga Desa Karangsari, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, guncangan akibat gempa juga dirasakan di wilayahnya yang berada di dataran tinggi dengan jarak lebih dari 60 kilometer dari Cilacap.

"Iya lumayan besar, saya sampai lari keluar tadi, saya spontan saja. Cuma beberapa detik saja (merasakan guncangan), warga lain di sekitar rumah ada yang terasa ada yang tidak," ujar Fieky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com