Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas Damkar Kesulitan Jangkau Titik Api Karhutla Kawah Putih Ciwidey

Kompas.com - 08/10/2019, 19:27 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung kesulitan untuk menjangkau titik api dalam kebakaran di hutan Taman Wisata Alam Kawah Putih.

Kasi Pemadaman dan Investasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Muhammad Saepulloh menjelaskan, pihaknya hanya bisa bersiaga untuk melakukan penyekatan, mencegah api menjalar ke area permukiman warga.

"Titik api belum bisa dilaporkan secara rinci mengingat lokasinya sangat jauh dan tidak bisa dijangkau dengan unit yang kita miliki," ujar Saeful saat dihubungi Kompas.com via telepon seluler, Selasa (8/10/2019).

"Jadi dari Damkar hanya bertugas menyesuaikan diri mengantisipasi (penyekatan) merambat ke permukiman warga."

Baca juga: Aneka Upaya Petugas Agar Kebakaran di Kawah Putih Ciwidey Tak Menyebar

Dengan medan yang tak bisa diakses oleh unit pemadam kebakaran, Pemerintah Kabupaten Bandung telah meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menerjunkan helikopter dalam proses pemadaman api.

"Kalau memadamkan keseluruhan sudah di luar kemampuan kami mengingat armada tak sampai ke lokasi. Kami sedang menunggu instruksi Pak Bupati, karena saat ini Pak Kadis sedang berkoordinasi untuk mendapat arahan," katanya. 

"Tadi malam setelah rapat beliau memastikan meminta permohonan ke BNPB meminta bantuan helikopter untuk water bombing," tuturnya.

Hingga saat ini, kata Saeful, proses pemadaman masih dilakukan secara manual oleh berbagai unsur seperti TNI, Polri, BPBD, Damkar, Polisi Hutan, masyarakat termasuk para pekerja di TWA.

"Mereka sedang bergabung di pos atau kantor TWA Kawah Putih. Titik api jelas masih ada apalagi dengan cuaca panas seperti ini," jelasnya.

Baca juga: Dua Hal Ini Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Kawah Putih Ciwidey

Diberitakan sebelumnya, Kebakaran hutan terjadi di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, tak jauh dari lokasi wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Saat ini api masih menyala dan tak menutup kemungkinan semakin meluas.

"Betul, di Kawah Putih Ciwidey," kata Kapolsek Ciwidey, AKP Ivan yang dihubungi, Senin (7/10/2019).

Ivan menjelaskan bahwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 14.00 wib. Awalnya titik api berasal dari lokasi wisata Sunan Ibu, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

"Titik awal dari Sunan Ibu sekitar 700 meter dari Lokasi Kawah Putih. Merambat kebawah, sampai jembatan Sky Walk. Lokasi terbakar sekitar 5 hektar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com