Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 4,9 Guncang Selatan Bali

Kompas.com - 12/08/2019, 16:28 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Selatan Bali pada Senin (12/8/2019) sore. Gempa terjadi pada pukul 16.31 Wita.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar M Taufik Gunawan dalam siaran pers mengatakan, gempa terasa hingga ke Jember, Jawa Timur.

Baca juga: Pagi Ini, Bali Diguncang 4 Kali Gempa dan Benda-benda Bergoyang

Pusat gempa berada di koordinat 9,65 LS dan 113,96 BT atau tepatnya di laut pada jarak 161 km barat daya Jembrana di kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," kata Taufik.

Selain itu, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Banten Rusak Bangunan Sekolah, Puluhan Siswa SD Belajar di Bawah Pohon

Taufik juga mengingatkan publik agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com