Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Khofifah Saat Namanya Masuk 15 Tokoh Potensial Pilpres 2024

Kompas.com - 05/07/2019, 14:46 WIB
Achmad Faizal,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanggapi santai namanya disebut sebagai salah satu tokoh potensial calon presiden pada Pemilihan Umum 2024. Khofifah mengatakan, saat ini dia hanya fokus bekerja untuk masyarakat Jawa Timur.

"Kalau saya mah bekerja saja," kata Khofifah seusai membuka Diklat ASN di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemprov Jawa Timur di Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Disebut Jadi Kandidat Capres 2024, Begini Jawaban Ganjar Pranowo

Khofifah menghargai keahlian lembaga survei LSI Denny JA yang memiliki kemampuan di bidang riset. Salah satunya penelitian mengenai kandidat presiden pada pemilu selanjutnya.

Namun, Khofifah kembali menegaskan bahwa saat ini dia belum berpikir mengenai hal-hal di luar masyarakat Jawa Timur.

"Saya hanya ingin fokus memberikan yang terbaik untuk warga Jawa Timur," kata Khofifah.

Baca juga: LSI Denny JA Sebut Ada 15 Nama Berpotensi Jadi Capres 2024, Siapa Saja?

Nama mantan Menteri Sosial itu masuk di antara 15 nama tokoh yang dinilai berpotensi akan berlaga pada Pilpres 2024. Hal itu berdasarkan rilis lembaga riset LSI Denny JA.

Ada tiga kriteria dalam menentukan 15 nama tersebut, yakni popularitas di atas 25 persen, berasal dari empat sumber rekrutmen, dan penilaian subyektif dari peneliti LSI Denny JA.

Empat sumber rekrutmen yang dimaksud adalah pejabat pemerintahan pusat, pimpinan partai politik, kepala daerah, dan kalangan profesional yang berasal dari swasta atau organisasi masyarakat.

Baca juga: 5 Fakta Ridwan Kamil Disebut Kandidat Capres 2024, Unggah Foto Bersama Gubernur Jateng dan Akan Bertemu Khofifah

Selain Khofifah, kandidat potensial yang masuk dalam kelompok kepala daerah ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain itu, kandidat potensial dari kelompok pejabat pemerintah adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com