Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit MXGP Batal Dibangun di Kompleks Jakabaring Sport City

Kompas.com - 11/06/2019, 20:50 WIB
Aji YK Putra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sirkuit untuk kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) yang sebelumnya direncanakan di kompleks Jakabaring Sport City (JSC) terpaksa batal dibangun, lantaran kontur tanah yang tak stabil.

Sehingga, sirkuit MXGP itu pun akhirnya dipindahkan di luar kompleks JSC yakni di kawasan kompleks Opi Mall Palembang.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan, rencana semula memang pembangunan sirkuit MXGP dilakukan di kompleks JSC dikarenakan sebagai pusat olahraga. 

Namun, setelah dilakukan kajian, kontur tanah di lokasi tersebut tak stabil sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama jika dilakukan pembangunan.

Baca juga: Lebaran, Ada Wahana Benteng Takeshi dan Banana Boat di Kompleks Jakabaring

"Rencananya memang akan dibangun di lokasi MotoGP, tapi karena tanahnya labil terpaksa dipindah. Sirkuit rencananya dibangun seluas 5 hektare," kata Nasrun, Selasa (11/6/2019).

Tim ahli dari Yunani dan Rusia saat ini telah tiba di Palembang untuk merancang pembangunan sirkuit MXGP.

Rencananya, pembangunan itu akan selesai pada 1 Juli 2019 mendatang di lahan seluas 5 hektare.

"Kejuaraan dunia MXGP di Palembang akan digelar pada 6-7 Juli 2019. Untuk tim ahli sudah tiba satu pekan kemarin," ujarnya.

Kepala Bidang Tata Bangunan dan Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Sumatera Selatan Aminuddin menambahkan, ada lima gundukan yang sudah dibangun di lokasi sirkuit MXGP.

Proses pembangunan pun diawasi langsung oleh tim ahli.

Baca juga: Saingi Genting Highlands Malaysia, Pemprov Sumsel Bangun Wisata Wahana di Jakabaring

"Alat berat ada lima di lokasi pembangunan. Sebetulnya, jika tetap dibangun di JSC, ditakutkan waktu selesai dikhawatirkan tidak akan tepat waktu, sehingga harus dipindahkan," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Sumatera Selatan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Motocross Grand Prix (MXGP) yang akan berlangsung pada 6-7 Juli 2019 mendatang, setelah dilakukannya Memorandum of Understanding (MoU) antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Gubernur Sumsel Herman Deru, Senin (27/5/2019).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, setidaknya ada 1.500 turis yang akan ke Palembang ketika event tersebut berlangsung. Pada event tersebut, diikuti oleh 28 negara .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com