Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Ada Wahana Benteng Takeshi dan Banana Boat di Kompleks Jakabaring

Kompas.com - 30/04/2019, 15:24 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Manajemen PT Jakabaring Sport City (JSC) bersama Anajico akan melakukan terobosan baru dengan membuat wahana wisata. 

Jika kompleks Jakabaring selama ini terkenal sebagai tempat sport tourism, maka para pengunjung juga bisa akan menikmati wahana wisata di lokasi tersebut, sembari berolahraga. 

Direktur Utama (Dirut) PT JSC Meina Fatriani Paloh mengatakan,pada lebaran nanti kunjungan wisatawan di Jakabaring diprediksi akan meningkat. 

Sebab, wahana permainan seperti Banana Boat serta Benteng Takeshi akan disiapkan untuk mengisi waktu libur lebaran. 

 Baca juga: Saingi Genting Highlands Malaysia, Pemprov Sumsel Bangun Wisata Wahana di Jakabaring

Selain itu, di dalam kawasan kompleks Jakabaring, air terjun menari dan bernyanyi dengan ketinggian sekitar 60 meter. 

"Itu air terjun menari yang tertinggi di Sumsel,"kata Dirut PT JSC, Selasa (30/4/2019). 

Meina menjelaskan, dalam pembangunan lokasi wisata tersebut, murni bentuk kerjasama antara PT JSC dan Anajico untuk mengelola kawasan Jakabaring.

Sebab, terhitung sejak Januari 2019 pemerintah Provinsi tak lagi mengucurkan dana bantuan untuk pengelolaan kawasan kompleks Jakabaring. 

 Baca juga: Hendak Nonton Bola di Jakabaring Palembang, Pelajar SMP Dirampok

"Bentuknya business to business dengan Anajico, untuk berapa nilai investasinya masih belum bisa diberikan sekaran,"ujarnya. 

Terbengkalai

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, pengelolaan kompleks Jakabaring sebagai tempat wisata wahana bermain sebagai bentuk upaya pemerintah daerah agar kawasan tersebut tidak terbengkalai pasca digunakan sebagai tempat perhelatan pesta olahraga Asian Games pada 2018 lalu. 

"Ini untuk menjawab pendapat orang bahwa setiap arena atau kawasan olahraga terbengkalai setelah event. Tapi, untuk Sumsel tidak. Maka, namanya pun tidak kita ganti, agar kita tidak lari. Namanya adalah The New Jakabaring Sport City, dengan manajemen baru, bangunan dan fasilitasnya,"jelas Herman.

Diberitakan sebelumnya, kompleks Jakabaring Sport City (JSC) yang selama ini dikenal sebagai lokasi tempat olahraga akan memiliki wisata wahana bagi para pengunjung.

Wahana itu disebut-sebut bakal menyaingi Genting Higlands yang ada di Malaysia. Pembangunan wahana itupun, bekerja sama antara PT JSC dan PT Anajico.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com