Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Dalami Kepemilikan Senjata Pemilik Hotel yang Todongkan ke Pedagang

Kompas.com - 27/05/2019, 22:26 WIB
Himawan,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Anggota Kepolisian Polres Pelabuhan Makassar telah mengamankan Hasan Basri, taipan asal Makassar yang menodongkan senjata kepada salah pedagang di Mall miliknya pada Minggu (26/5/2019) lalu.

Hasan diamankan di ruang tunggu bandara Sultan Hasanuddin Makassar saat hendak pergi dari kota Makassar, Minggu malam kemarin.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Aris Bachtiar mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan terkait aksi todong senjata yang dilakukan oleh pemilik mal dan hotel tersebut.

"Tadi siang kami sudah lakukan gelar perkara dan hasil gelar perkara masih perlu dilakukan pendalaman-pendalaman pemeriksaan, dan malam ini tentu kami lakukan pemeriksaan lanjutan," kata Aris saat diwawancara di halaman Polres Pelabuhan Makassar, Senin (27/5/2019) malam.

Baca juga: Diduga Todongkan Pistol ke Wajah Pedagang yang Komplain, Pemilik Hotel Dipolisikan

Dari hasil gelar perkara itu juga kata Aris, pihaknya sampai saat ini masih belum menetapkan Hasan Basri sebagai tersangka atas aksi penodongan senjata yang dilakukan olehnya terhadap Hendri, salah satu pedagang di Makassar Trade Center.

Aris menambahkan bahwa saat diperiksa, Hasan juga mengalami kesakitan sehingga pihaknya tidak memaksakan untuk memeriksa pengusaha kaya raya asal Makassar itu.

"Yang bersangkutan juga usianya sudah lanjut, kami tidak mungkin paksakan pemeriksaan. Jadi saksi-saksi tadi kami periksa. Malam ini kami lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Baca juga: Ini Tanggapan Polda Maluku Utara Terkait Polwan yang Diduga Radikal

Terkait senjata yang digunakan Hasan saat menodong, Aris mengatakan, belum mengetahui jenisnya. Namun ia membenarkan bahwa senjata itu sejenis pistol.

Atas izin kepemilikan senjata, Aris juga enggan membeberkannya apakah Hasan memiliki izin resmi atau tidak.

"Yang jelas kami masih lihat keterkaitan surat-suratnya apakah itu sesuai dengan surat yang dimiliki atau tidak," pungkasnya.

Sebelumnya Hasan Basri dilaporkan oleh seorang pedagang di Makassar Trade Center (MTC), Hendri (38) atas tuduhan menodongkan pistol ke Hendri.

Peristiwa itu terjadi di lobi Hotel Condotel milik Hasan Basri, Minggu (26/5/2019) sore.

Baca juga: IRT Tewas dengan Leher Terluka, Polisi Buru Suami Korban

Hendri mengatakan, kejadian itu bermula ketika dia dan pedagang lainnya komplain terhadap kebijakan pengelola terkait pameran yang dilakukan di lantai bawah tanah MTC. MTC merupakan milik Hasan.

Hendri memprotes pameran tersebut karena merugikan pedagang di MTC yang berada di lantai atas. Pameran itu sudah digelar sejak lama sehingga pedagang yang berada di lantai satu ke atas tak lagi mendapatkan banyak pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com