Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Hari, Pertamina Salurkan 53.000 Tabung Elpiji 3 Kg di Kepri Selama Ramadhan

Kompas.com - 17/05/2019, 13:39 WIB
Hadi Maulana,
Rachmawati

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Memasuki pekan kedua Ramadhan 1440 H, permintaan elpiji 3 kg di Kepulauan Riau meningkat. Sejak awal Mei 2019, penyaluran elpiji subsidi 3 kg bertambah sebesar 104 persen dari penyaluran normal.

Hal tersebut diungkapkan Branch Marketing Manager Kepri, Oos Kosasih. Ia mengatakan, peningkatan tersebut karena banyaknya tradisi di awal Ramadhan yang dilakukan masyarakat Batam, salah satunya tradisi Balimau Kasai yaitu silaturahmi kepada keluarga jelang puasa.

"Sejak awal Mei, sebanyak 53.000 tabung elpiji subsidi 3 kg per hari disalurkan ke 2.656 pangkalan di wilayah Kepri. Angka ini cenderung meningkat. Berbeda dengan konsumsi elpiji non subsidi bright gas yang sama sekali tidak ada peningkatan konsumsi," kata Oos saat ditemui di kantor Pertamina Marketing Batam, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Konsumsi Elpiji dan BBM Naik Saat Ramadhan, Pertamina Tambah Pasokan untuk Sumut

Selain itu permintaan elpiji 3 kg, Oos menambahkan, peningkatan juga terjadi pada  penyaluran Premium di wilayah Kepulauan Riau sejak awal Mei 2019. Peningkatan mencapai 116,1 persen dari rata-rata normal.

Dari penyaluran normal 781.700 liter per hari menjadi 907.800 liter per hari

"Begitu juga dengan Pertamax dan Pertamina Dex, yang juga mengalami kenaikan dalam penyaluran dengan angka kenaikan masing-masing sebesar 13,4 persen dan 15,4 persen," jelasnya.

Baca juga: Stok Elpiji 3 Kg Langka, Pembeli Antri dan Harus Membawa KK

Selain itu Pertamina MOR I juga melaksanakan program Pertamina berbagi dengan menyisihkan 5 rupiah per liter dari penjualan BBM berkualitas non subsidi yang digunakan untuk santunan kepada kaum duafa serta renovasi masjid maupun musala di sekitar SPBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com