Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Menduga Ada Mobilisasi Pelajar saat Kampanye Sandiaga Uno di Magetan

Kompas.com - 08/04/2019, 14:18 WIB
Sukoco,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menduga ada mobilisasi pelajar saat kegiatan kampanye calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno di GOR Ki Mageti, Magetan, Jawa Tmur, Senin (8/4/2019).

Divisi Pengawasan Pencegahan dan Humas Bawaslu Kabupaten Magetan Muris Subiantoro mengatakan, pihaknya menemukan dua unit bus yang diduga digunakan oleh siswa dari salah satu sekolah di Ponorogo untuk menghadiri kampanye Sandiaga.

“Kita menemukan ada dua bus yang dari salah satu sekolah di Ponorogo. Ada unsur semacam mobilisasi dari salah satu pihak sekolah swasta di Ponorogo untuk mengikuti kegiatan pada siang hari ini,” ujarnya di sela-sela kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye Sandiaga Uno, Senin.

Baca juga: Sandiaga Berteriak Wis Wayahe, Pendukung Bilang Prabowo Presiden

Muris mengatakan, dari dalam bus tersebut, Bawaslu menemukan atribut sekolah, topi serta kaos atribut kampanye yang digunakan oleh para siswa sekolah tersebut

”Kita melihat sendiri ada beberapa bukti misalnya ada tas, ada topi dari salah satu sekolah yang bersangkutan,” ujarnya.

Baca juga: 5 Fakta Polemik Sandiaga Kibarkan Bendera NU saat Kampanye, PWNU Jatim Protes hingga Tanggapan Yenny Wahid

Selain dugaan mobilisasi siswa, Bawaslu Kabupaten Magetan juga menemukan keterlibatan anak-anak dalam kegiatan kampanye. Muris mengatakan, pihaknya masih akan melakukan sidang pleno untuk mengambil sikap terkait dugaan pelanggaran kampanye tersebut.

“Jadi tindak lanjut dari ini seperti apa ya kita plenokan. Jadi kalau memang perlu klarifikasi atau investigasi kepada sekolah yang bersangkutan ya kita lakukan investigasi atau klarifikasi,” katanya.

Sandiaga Uno menggelar kampanye akbar di GOR Ki Mageti Kabupaten Magetn Jawa Timur, Senin. Ribuan simpatisan pendukung menghadiri kampanye Sandiaga.

Dalam orasi politiknya, Sandi berjanji meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen jika menang pada Pilpres 2019.

Sandi juga mengingatkan bahwa pada Pemilu 2014 lalu Prabowo mampu mendulang suara hingga 52 persen di Kabupaten Magetan.

“2014 Pak Prabowo menang di Magetan, 52 persen. 2019 harus lebih baik. Magetan harus jadi titik awal kemenangan seantero Jawa Timur,” ujar Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com