Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Purbakala di Lokasi Proyek Tol Pandaan-Malang Mulai Digali

Kompas.com - 12/03/2019, 15:43 WIB
Andi Hartik,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) mulai melakukan penggalian atau ekskavasi situs purbakala yang ditemukan di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (12/3/2019).

Rencananya, penggalian situs purbakala itu akan berlangsung selama lima hari. Namun, jika proses mencari bentuk asli situs itu belum selesai, ekskavasi akan diteruskan sampai selesai.

"Terdapat temuan struktur bata yang tampak karena aktivitas pembangunan jalan tol. Ada indikasi struktur yang mengarah ke barat daya," kata Wicaksono Dwi Nugroho, arkeolog dari BCPB Jatim saat ditemui di lokasi, Selasa.

Baca juga: Warga yang Serahkan Benda Purbakala di Tol Pandaan-Malang Akan Diganti Rugi

Penggalian dilakukan di permukaan tanah di atas situs itu ditemukan. Batu bata yang merupakan bagian dari struktur bangunan itu mulai terlihat.

"Kita berusaha mengejar bentangan struktur yang ke arah barat daya, kita membuka dua lubang. Kita akan cari tahu ke arah mana struktur bangunan itu dan seberapa luas," katanya.

Baca juga: Warga Diminta Kembalikan Benda Purbakala yang Ditemukan saat Konstruksi Tol Pandaan-Malang

Belum dipastikan bentuk struktur bangunan tersebut. Meskipun sebelumnya sudah muncul dugaan bahwa situs itu merupakan bangunan pura. Wicaksono mengatakan, butuh kajian untuk memastikan bentuk struktur bangunan itu. Sedangkan kajian bisa dilakukan setelah ekskavasi rampung.

"Dalam kajian kami mencari tahun bangunan apa ini, seberapa luas dan peninggalan masanya siapa," jelasnya.

Pihak BPCB Jawa Timur sudah berkoordinasi dengan pihak PT Jasamarga Pandaan-Malang terkait proses ekskavasi tersebut. Sebab, lokasi penemuan situs berada di lokasi proyek tol. Konstruksi tol di lokasi itu juga sudah dihentikan untuk sementara.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Jasamarga untuk menghentikan sementara pembangunan di lokasi penemuan sampai selesai dilakukan kajian," katanya.

Siitus purbakalad ditemukan di proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, sejak sepekan lalu.

Sebelumnya, tidak jauh dari lokasi itu juga ditemukan benda purbakala yang berserakan akibat terkeruk alat berat, seperti lencana emas, kepingan koin dan potongan gerabah serta bekas peralatan yang terbuat dari perunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com