Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Manggarai, Jalan Ruteng-Labuan Bajo Lumpuh dan 1 Rumah Tertimbun

Kompas.com - 08/03/2019, 07:26 WIB
Markus Makur,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Hujan deras di wilayah Manggarai Timur, Flores Barat, NTT sejak kemarin menyebabkan longsor di sejumlah lokasi, Kamis (7/3/2019).

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, ruas jalan negara Ruteng-Labuan Bajo, tepatnya di Kampung Roe-Culu lumpuh akibat tertimbun longsor.

Bahkan ada mobil dan dua motor tertahan di tengah longsor. Dilporkan tidak ada korban jiwa dalam bencana itu.

Jalan Negara Ruteng-Reo juga mengalami longsor. Selain itu, sejumlah tempat di Kota Labuan Bajo mengalami banjir akibat hujan deras dari kemarin hingga Kamis.

Longsor juga menimbun satu rumah warga di Kampung Leke, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT.

Baca juga: Longsor akibatkan Jalan Putus di Gunungkidul, Puluhan Warga Terisolir

Hal itu dilaporkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Antonius Dergong kepada Kompas.com, Kamis.

Dergong menjelaskan, rumah yang tertimbun longsor milik Gregorius Loni (53). Sang pemilik melaporkan kepada BPBD bahwa longsor itu terjadi sekitar pukul 19.00 Wita.

"Laporan dari warga Kota Komba tentang bencana itu sudah diterima pihak BPBD Manggarai Timur. Pegawai BPBD Matim sudah turun ke lokasi bencana untuk mendata kerugian dari pemilik rumah yang mengalami kerusakan tersebut," jelasnya.

Dergong menjelaskan, Jumat ini (8/3/2019), Ketua DPRD Manggarai Timur Lucius Modo bersama dirinya mengunjungi rumah warga yang tertimbun longsor dan bertemu dengan pemilik rumah.

"Besok (hari ini) sebelum mengikuti Musrenbang tingkat Kecamatan Kota Komba di Waelengga, kami akan mengunjungi lokasi bencana dan bertemu dengan keluarga yang mengalami musibah," kata Lucius.

Baca juga: Penyebab Banjir Bandang di Madiun Menurut Gubernur Jatim Khofifah

Kamis malam, Kompas.com sudah berusaha menghubungi pihak-pihak di Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat, namun belum ada jawaban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com