Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang di Tongas Probolinggo, 1 Tewas, 45 Rumah Rusak

Kompas.com - 06/03/2019, 23:44 WIB
Ahmad Faisol,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Bencana angin kencang yang terjadi di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (6/3/2019) sore, memakan korban jiwa.

Selain itu, puluhan bangunan, termasuk rumah, SPBU, toko swalayan, dan restoran, mengalami kerusakan.

Kepala Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas, Arifin mengatakan, korban meninggal bernama Rohim, warga Kabupaten Pasuruan.

Baca juga: Banjir Bandang Madiun Meluas Masuk ke Ruas Tol JNK

"Saat angin kencang berlangsung, korban naik motor sendirian. Tiba-tiba ada pohon randu tumbang dan jatuh menimpanya. Lukanya cukup parah di bagian kepala dan dada. Setelah dibawa ke puskesmas, dia meninggal dunia. Warga sudah berusaha menolongnya," kata Arifin.

Video amatir berdurasi puluhan detik merekam amukan angin kencang yang merusak SPBU AKR di Jalur Pantura, Kecamatan Tongas, juga beredar.

Amukan angin memporak-porandakan atap berbahan baja ringan dan terlempar hingga puluhan meter. Bahkan, sejumlah sepeda motor di dalam SPBU roboh, dan warga terlihat ketakutan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat Anggit Hermanuadi mengatakan, angin kencang mengakibatkan 17 pohon besar dan 3 tiang listrik roboh. 

"Bersamaan dengan kejadian tersebut terdapat 1 orang korban jiwa meninggal dunia atas nama Abdul Rohim dengan alamat Dusun Pandean RT 003 RW 012, Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, tertimpa pohon dan korban meninggal dunia saat dirawat di Puskesmas Nguling," kata dia.

Baca juga: Cerita 43 Siswa SMK Madiun Terkepung Banjir Bandang Usai Ikut USBN

Menurut dia, kondisi saat ini listrik masih padam dan cuaca hujan sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pembersihan pohon yang tumbang, karenanya akan dilanjutkan besok pagi.

Pihaknya saat ini juga melakukan pengamatan untuk mengetahui dampak kerusakan di sekitar lokasi tersebut.

"Informasi awal dari Camat Tongas terdapat 30 rumah yang terdampak antara lain di Desa Tambakrejo dan 15 rumah terdampak di Desa Curahtulis Kecamatan Tongas. Kami terus menghimpun informasi dan data," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com