Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Gubernur Edy Rahmayadi kepada Uskup Agung Medan yang Baru

Kompas.com - 03/02/2019, 19:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap, Uskup Agung Medan yang baru ditahbiskan, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap berperan dalam mewujudkan dan menjaga kedamaian di Sumut.

Edy mengatakan, semua yang diajarkan agama adalah kebaikan sehingga setiap penyelesaian masalah harus melahirkan kedamaian.

"Uskup Agung Medan saya harapkan bisa menjaga umat, khususnya umat Katolik. Sesuai marganya Sipayung, artinya dapat memayungi umat. Ada beberapa tipe manusia yaitu akal tanpa nafsu dan nafsu tanpa akal, serta tanpa akal dan tanpa nafsu. Sehingga tugas Uskup sangat kompleks," kata Edy, Sabtu (2/2/2019).

Menanggapi Edy, Kornelius mengatakan, ia juga berharap hubungan kedua belah pihak semakin akrab dan kerja sama semakin baik.

Prosesi pentahbisan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap dipimpin Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo dan khotbah dibawakan Uskup Padang Martinus Dogma Situmorang.

Kornelius Sipayung lahir di Bandar Hinalang, Kabupaten Simalungun, Sumut pada 26 Agustus 1970.

Ia terpilih menjadi Uskup Agung Medan pada 8 Desember 2018 menggantikan Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga OFM Cap.

Sebelumnya, Kornelius Sipayung merupakan Minister Provinsial Kapusin Medan.

Pada Jumat (1/2/2019) malam, Edy menjamu Piero Pioppo dan para uskup agung seluruh Indonesia makan malam di rumah dinasnya.

Edy menyatakan kegembiraannya karena seumur hidupnya baru pertama kali bertemu para uskup. Menurut Edy, tidak sembarangan orang bisa menjadi uskup.

“Orang yang menjadi uskup adalah orang-orang terpilih dan perlu menempuh perjalanan panjang sampai akhirnya menjadi uskup agung. Ketika ditawari mengundang dan menjamu para uskup, saya sangat bersedia, saya mau sekali,” kata Edy.

Edy lalu menceritakan pengalamannya bertemu Uskup Agung Nikolaus Adi Saputra saat bertugas di Papua. Saat itu, kondisi daerah sedang kritis dan berkonflik.

“Saya bertemu Beliau saat mengurus orang perbatasan Papua Nugini. Beliau begitu sabar melayani umat, luar biasa. Makanya saya bahagia bisa bertemu di sini. Terima kasih Saudara, semoga Tuhan memberkati kita semua, kita doakan Indonesia semakin maju, akrab, damai, dan selalu akur,” ujar Edy Rahmayadi.

Piero Pioppo mengapresiasi jamuan makan yang diadakan Pemerintah Provinsi Sumut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com