Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Speedboat" Berpenumpang 10 Orang Hilang di Laut Maluku

Kompas.com - 21/12/2018, 16:05 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Sebuah speedboat yang mengangkut 10 orang penumpang dilaporkan hilang di perairan Maluku setelah diterpa cuaca buruk pada Selasa (17/12/2018). 

Speedboat nahas tersebut dilaporkan bertolak dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menuju Kota Tual pada Selasa. Namun hingga kini speedboat tersebut belum juga sampai di tempat tujuan.

Kepala SAR Ambon Muslimin mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya informasi tersebut dari pihak keluarga pada Kamis (19/12/2018) kemarin.

Saat itu pihak Basarnas bersama Polair Polda Maluku dan Polres setempat langsung bergegeas melakukan pencarian.

Baca juga: 4 Korban di Selat Malaka Sempat Hubungi Keluarga akan Pulang dengan Speedboat dari Malaysia

“Tapi saat akan bersiap-siap untuk mencari speedboat itu, kami mendapat laporan dari keluarga kalau speedboat itu sudah ditemukan,”ungkapnya kepada Kompas.com, Jumat (21/12/2018).

Ternyata kata Muslimin informasi yang disampaikan pihak keluarga kalau speedboat tersebut sudah ditemukan ternyata tidak benar. Sehingga pihaknya kemudian mengerahkan tim untuk melakukan pencarian rute yang dilalui speedboat tersebut.

“Jadi ada miskomunikasi. Sementara kami beserta Polair dan Polres Tual terpaksa melakukan pencaharian hari ini,” katanya.

Untuk memaksimalkan pencarian speedboat tersebut, pihak Basarnas kata Muslimin ikut mengerahkan KM 242 Barata milik Basarnas.

Baca juga: Speedboat Berpenumpang 6 Orang Milik DPRD Asmat Hilang Kontak

 

Menurutnya pencarian dilakukan tim gabungan mulai dari perbatasan periaran Pulau Teor dan Tual hingga Pencarian bagian timur perairan Maluku.

“Kita cari mulai dari perbatasan Pulau Teor dan Tual hingga ke bagian timur. Tapi ada Informasi tadi siang pada pukul 11.00 tim di lapangan melaporkan cuaca sangat ekstrem, ombak kurang lebih dua meter,”ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com