Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Speedboat” Bocor Diterjang Ombak, Seluruh Penumpang Lompat ke Laut

Kompas.com - 31/07/2018, 17:27 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Sebuah speedboat yang membawa 4 penumpang dari Ternate menuju Sofifi, Provinsi Maluku Utara, Selasa (31/8/2018) tadi, mengalami kebocoran tepatnya di perairan Goto, Tidore Kepulauan.

Akibatnya, seluruh penumpang yang berasal dari Satker Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah II Maluku Utara itu terpaksa melompat ke laut.

Beruntung, seluruh penumpang maupun ABK selamat dalam peristiwa itu setelah dievakuasi oleh speedboat milik Dinas Perhubungan Laut Kota Tidore.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengatakan, speedboat tersebut saat berada di tengah laut diduga dihantam ombak, sehingga mengalami kebocoran di bagian depan. Karena panik, penumpang beserta ABK melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Speedboat Milik Setda Raja Ampat Terbakar, Dua Orang Terluka

Para penumpang beserta seluruh ABK yang selamat kemudian dibawa ke Kota Tidore dan selanjutnya dievakuasi menggunakan kapal SAR Ternate KN 237 Pandudewanata menuju Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

“Setelah kami mendapat informasi bahwa ada kecelakaan speedboat di perairan Tidore, langsung mengerahkan personel menggunakan kapal KN 237 Pandudewanata. Namun sampai di TKP korban kecelakaan sudah dievakuasi oleh tim gabungan dari Tidore menggunakan kapal perhubungan,” kata Arafah.

"Jumlah korban total sebanyak tujuh orang, empat di antaranya pegawai satker, tiga orang dari pihak speedboat. Tidak ada korban luka dan semua penumpang dalam kondisi selamat," kata M Arafah.

Baca juga: Kasus Tabrakan Speedboat di Sebatik, Pemilik dan ABK Jadi Tersangka

Akibat kecelakaan itu, seluruh barang bawaan penumpang seperti laptop, kamera dan sebagainya ikut tenggelam.

Kompas TV Akibat kecelakaan ini, dua orang penumpang tewas, dua lainya menghilang, sementara dua orang penumpang selamat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com