Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tol Trans Jawa, Jarak Jakarta ke Weleri Kendal hanya 5 Jam

Kompas.com - 21/12/2018, 15:31 WIB
Slamet Priyatin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Pengguna tol dari Jakarta ke Jawa Tengah merasakan manfaat konektivitas melalui tol yang baru saja tersambung dari Jakarta hingga Surabaya. 

Salah satu pengguna tol asal Jakarta, Buharan (67), menceritakan pengalamannya melewati tol bersama keluarganya yang saat ini dibuka gratis. 

Buharan yang berkendara bersama keluarganya mengatakan, dari Jakarta ke Weleri di Kendal, Jawa Tengah, ditempuh dengan waktu 5 jam. 

“Lancar. Kami masuk ke tol Pemalang-Batang kemudian tol Batang-Semarang hingga sampai di Weleri ini, masih lancar,” ujarnya, Jumat (21/12/2018).

Buharan, berharap bisa sampai Surabaya, dengan aman dan lancar.

Baca juga: Tol Semarang-Batang Bisa Kurangi Kepadatan Jalan Pantura 30-40 Persen

Warga Pemalang lain, Djarot (40), yang ditemui Kompas.com juga memberikan kesannya melewati tol baru ini. Dia mengaku kalau jalan tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, sangat lancar.

Kendaraan yang lewat jalan tol yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ini belum banyak walau tarif tolnya masih gratis. 

“Saya bisa sedikit ngebut dan dari Pemalang sampai ke Weleri. Kendal ini, bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Padahal biasanya, kalau lewat Pantura bisa memakan waktu sampai 2,5 jam,” tambahnya.

Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno meminta kepada pengendara yang lewat tol Batang-Semarang supaya tetap hati-hati dan waspada. Sebab, banyak kecelakaan yang disebabkan kurangnya kewaspadaan pengemudi.

“Jangan ngebut, kalau ngantuk sebaiknya istirahat. Meskipun jalan tol Batang-Semarang ini, masih gratis dan baru diresmikan, sudah ada rest area untuk istirahat pengemudi,” jelasnya. 

Baca juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Integrasikan Kawasan Industri dan Wisata dengan Tol Jakarta-Surabaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com