Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Kepala Daerah Integrasikan Kawasan Industri dan Wisata dengan Tol Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 28/11/2018, 10:27 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SRAGEN, KOMPAS.com - Presiden Jokowi mengajak para kepala daerah di lintasan Tol Jakarta-Surabaya untuk mengintegrasikan kawasan industri dan wisata di daerahnya dengan tol tersebut.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Sregen-Ngawi di Rest Area KM 538 Jalan Tol Sragen-Ngawi, Desa Ngrampal, Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).

"Dengan selesainya Jakarta-Surabaya ini, saya ingin seluruh kepala daerah bisa mengintegrasikan dengan kawasan industri, yang baru maupun yang lama, mengintegrasikan tol ini dengan kawasan wisata agar semakin ramai," kata Jokowi.

Baca juga: Mudik Natal Lewat Tol Jakarta-Surabaya Cukup 12 Jam

Jokowi tidak ingin keberadaan jalan tol ini hanya sebagai sarana transportasi. Justru, keberadaan jalan tol ini harus dimanfaatkan secara maksimal.

"Jangan sampai tol ini hanya berdiri sendiri sebagai jalan tol. Semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya benar-benar maksimal. Mobilitas orang, mobilitas barang, melalui jalan tol ini dan bisa berjalan dengan cepat," terang dia.

Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer telah dinyatakan layak dan siap dioperasikan sebagai jalan tol, melalui keputusan Menteri PUPR Nomor: 896/KPTS/M/2018 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi, pada tanggal 12 November 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com