Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Menhub Akan Jajal Tol Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 09/12/2018, 16:03 WIB
Aji YK Putra,
Khairina

Tim Redaksi

 PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan menjajal tol Jakarta-Surabaya pada pekan depan, untuk melihat seluruh fasilitas dan sarana  menjelang digunakan pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Budi mengatakan, pada Natal dan Tahun Baru nanti, seluruh pengerjaan tol Jakarta-Surabaya sudah tersambung. Namun, memang ada beberapa fasilitas yang masih berfungsi sementara.

“Nanti akan saya coba (tol Jakarta-Surabaya) dengan Menteri PUPR, dijadwalkan pekan depan,sekaligus melihat kondisi sebenarnya bagaimana,” kata Budi ketika berkunjung di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (8/12/2018).

Baca juga: Jalan Tol Baru, Pengemudi Diminta Tidak Euforia Berlebihan

Selain bersama Menteri PUPR, pihak kepolisian serta pemerintah daerah, juga akan dilakukan koordinasi untuk mengatur lalu lintas di dalam tol sehingga berjalan lancar tanpa kendala ketika digunakan sebagai fasilitas menjelang Natal dan Tahun baru.

“Seluruh  stakeholder nanti dikoordinasikan bagaiamana pengaturan lalulintas dan komunikasinya, agar tidak ada masalah ketika digunakan untuk Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Sementara itu, menjelang akhir tahun, tol Palembang-Lampung belum bisa digunakan masyarakat.

Sebab, tol Trans Sumatera itu diperkirakan baru akan selesai pada April 2019 mendatang.

”Berdasarkan laporan dari pihak Waskita Karya, tol Palembang – Lampung ini maka waktu tujuan dapat dipangkas hingga dua jam dari semula sekitar 6 hingga 8 jam, nantinya hanya membutuhkan waktu 4 jam. Pengerjaan tol Palembang – Lampung ini sendiri hanya dua tahun,” kata Menteri Perhubungan.

Kompas TV Menteri BUMN Rini Soemarno, melakukan pengecekan Jalan Tol Batang Semarang, untuk memastikan kesiapan jelang peresmian mudik natal dan tahun baru. Tol Batang Semarang dipastikan dapat beroperasi sebelum tahun baru.<br /> <br /> Menteri BUMN Rini Sumarno melihat langsung pengerjaan rest area yang berada di kilometer 360 di ruas Jalan Tol Batang - Semarang di kabupaten batang. Rini Sumarno menilai progres pembangunan jalan dan sejumlah rest area telah sesuai target. Dengan beroperasinya jalan Tol Pemalang Semarang yang nantinya akan tembus ke Surabaya diharapkan dapat memperlancar arus kendaraan saat libur natal dan tahun baru.<br />
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com