Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Akibat Hujan Putuskan Akses Jalan, 2 Desa Terisolasi

Kompas.com - 10/12/2018, 13:34 WIB
Junaedi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.com – Hujan deras disertai guncangan gempa menyebabkan Gunung Buntubuda di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, longsor hingga memutuskan akses jalan, Senin (10/12/2018).

Ribuan material longsor berupa batu bercampur tanah dan pepohonan menyebabkan akses jalan dua desa, Buntubuda dan Taupe di Kecamatan Mamasa terisolasi.

Agar bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan motor, warga bergotong-royong membersihkan material longsor dengan cara manual menggunakan cangkul, linggis dan parang panjang.

“Warga terisolir dan tidak bisa bepergian ke Kota Mamasa. Kendaraan tidak bisa lewat,” jelas Amos, warga Desa Taupe, Senin.

Meski warga sudah membersikan material longsoran sejak pagi, namun longsoran yang menutup badan jalan setinggi 25 meter masih menumpuk dan tak bisa dibersihkan secara manual.

Baca juga: Dua Rumah di Bukit Menoreh Rusak Tertimpa Tanah Longsor

Masyarakat berharap, pemerintah daerah turun tangan dan mengerahkan alat berat ke lokasi untuk membersikan material longsoran agar akses jalan bisa kembali dilalui dan warga bisa beraktivitas seperti semula.

Baca juga: Satu Keluarga yang Tewas Tertimbun Longsor di Pacitan Ditemukan Berdekatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com