Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edy Rahmayadi: Para Kades, Mau Dijadikan Apa Nias Ini?

Kompas.com - 21/11/2018, 07:05 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta para kepala desa (kades) membuat program yang konkret menggunakan dana desa untuk menyejahterakan masyarakatnya.

Hal ini diminta Edy Rahmayadi saat bertemu dengan para kades dari Kabupaten Nias, Nias Utara, Nias Barat, dan Kota Gunungsitoli.

Bagi Edy, kades harus mampu memanfaatkan fasilitas dan dana desa tepat sasaran dan maksimal.

"Kemudian tentukan mau dijadikan apa Nias ini, mau dibuat apa? Silahkan Anda yang menentukan. Uang jangan hanya habis untuk Bimtek saja...," kata Edy Rahmayadi, Selasa (20/11/2018).

Baca juga: Tak Puas, Gubernur Edy Rahmayadi Suruh PNS Kantongi Kertas Tupoksi ke Mana-mana

Jajaran pemerintahan mulai kepala desa, wali kota dan bupati pun diminta mendukung semua program pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Nias.

"Kalau saya tak bisa mengajak kepala desa membawa rakyatnya sejahtera, untuk apa saya jadi gubernur? Makanya nanti saya kejar kepala desa ini," ucapnya.

Menurut Edy, kepala desa memiliki perangkat yang sama seperti gubernur. Misal, gubernur memiliki Forkopimda yang di dalamnya ada Kodam, Polda, Kajati, dan lainnya.

Kepala desa pun demikian, punya perangkat setara yang bisa diajak bekerja sama seperti Babinsa, Babinkamtibmas, dan lainnya.

Edy mengatakan, kepala desa merupakan ujung tombak gubernur dalam program membangun desa, kalau gagal maka kepala desa-lah yang berdosa dan bersalah.

Baca juga: Fakta Banjir Bandang Mandailing Natal, 9 Kecamatan Terdampak hingga Kunjungan Edy Rahmayadi

"Kepala desa punya pertaruhan antara surga dan neraka. Pesan saya, jangan sampai rakyat Nias hanya menjadi penonton di rumah sendiri. Harus bisa menikmati sumber daya alamnya sendiri, jangan hanya orang lain saja,” ujar Edy.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli berharap gubernur Sumut akan mendukung pembangunan di Ibu Kota Kabupaten Nias yang baru yaitu Gido.

"Tahun depan kami akan membangun sarana dan prasarana di sana, semoga cepat terlaksana dengan dukungan gubernur," kata Sokhiatulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com