Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tagana Kediri Racik 2 Kuintal Sambel Pecel untuk Korban Gempa Bumi Lombok

Kompas.com - 09/08/2018, 12:13 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengirimkan bantuan berupa 2 kuintal sambel pecel bagi para korban gempa bumi di Lombok. Sambel pecel itu mereka racik sendiri.

Sambel yang berbahan utama kacang tanah bercampur rempah-rempah itu dibuat secara bergotong royong oleh para anggota Tagana dan para relawan dalam kurun waktu sekitar 3 hari.

Kordinator Tagana Kabupaten Kediri Iqbal, mengatakan, sambel pecel yang mempunyai rasa khas itu dipilih karena mempunyai keunggulan penyimpanan yang relatif tahan lama dan cukup simpel penyajiannya.

Sambel pecel itu juga dikemas dalam wadah plastik seukuran setengah kilogram. Dengan kemasan itu untuk memudahkan pendistribusiannya saat di lapangan.

Baca juga: Demi Bertahan Hidup, Korban Gempa Lombok Pun Makan Kelapa

“Sambel pecel kita kumpulkan di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur bersamaan dengan bantuan lain,” ujar Iqbal, Kamis (9/8/218).

Untuk pengadaan bantuan itu, Iqbal menambahkan, berasal dari uang kas Tagana Kabupaten Kediri dan sumbangan para anggota maupun relawan yang berempati terhadap bencana gempa bumi Lombok.

Sebelumnya, bencana alam gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang NTB, Minggu (5/8/2018), pukul 18.46 WIB. Getaran gempaempa tersebut terasa hingga ke Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, lokasi paling parah terdampak gempa pada Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram. 

Baca juga: Gempa Lombok, Bibi Zohri Ikut Jadi Korban, Tertimbun Reruntuhan Masjid

Kompas TV Para pedagang ini mulai kembali datang ke pasar untuk menyelamatkan barang dagangan yang masih tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com