Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa, Layanan SPBU Pertamina Kembali Beroperasi di Lombok Utara

Kompas.com - 09/08/2018, 09:34 WIB
Aprillia Ika

Editor

Sumber Antara

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com - Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero) di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, sudah beroperasi setelah sempat terhenti akibat gempa.

Seperti diketahui, lokasi Lombok Utara merupakan daerah terparah terdampak gempa magnitudo 7 pada Minggu (5/8/2018).

Berdasarkan pantauan Antara, Kamis, SPBU Pertamina 54.833.09 di Kayangan, Lombok Utara, telah melayani pembelian BBM seperti sedia kala.

SPBU ini berlokasi cukup strategis dan sudah menggelontorkan 8.000 liter produk BBM jenis pertalite dan premium.

Baca juga: Pasca-gempa Lombok, Aksi Pencurian Marak Terjadi Bikin Warga Kesal

"Kami membuka SPBU hari ini karena kami yakin banyak masyarakat yang membutuhkan BBM. Ini sangat membantu mobilitas masyarakat yang terkena bencana," kata Paryadi, operator SPBU, Kamis (9/8/2018), seperti dikutip dari Antara.

Dihubungi secara terpisah, Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region V Rifky Rakhman Yusuf, mengatakan untuk menjaga ketertiban lingkungan SPBU agar tetap tertib dan kondusif, dua petugas kepolisian turut mengamankan SPBU.

Selain itu, untuk menegakkan asas pemerataan dalam kondisi darurat, petugas memberikan kebijakan pengisian sebesar Rp 20.000 per hari kepada setiap pengendara motor.

Menurut Rifky, seluruh terminal BBM dan depot yang ada di NTB, baik TBBM Ampenan, TBBM Badas, dan TBBM Bima wilayah Lombok, tetap beroperasi seperti biasa.

Baca juga: BMKG: Hingga Kamis Pagi, Tercatat Ada 344 Kali Gempa di Lombok

Semua fasilitas penting Pertamina baik fasilitas BBM maupun elpiji dinyatakan aman termasuk stok BBM dan elpiji juga senantiasa dalam kondisi aman sesuai dengan standar ketahanan stok.

"Hingga saat ini, Satgas Bencana dan Posko Bantuan Pertamina masih aktif berada di lapangan untuk melayani kebutuhan energi masyarakat dan sekaligus membantu korban gempa di pengungsian," ujar Rifky.

Berbagai bantuan Pertamina, lanjut Rifky, telah disalurkan berupa sembako, alat kelengkapan tidur dan tenda untuk pengungsi.

Selain itu, Pertamina juga memberikan bantuan BBM berupa dexlite dan pertalite untuk kebutuhan operasional kegiatan bantuan.

Pertamina menyiapkan bright gas 5,5 kg dan 12 kg untuk kebutuhan dapur umum pengungsian.

Kompas TV Berikut laporan  Jurnalis KompasTV Rurin Rulianti dan juru kamera Virgian Petra yang telah direkam sebelumnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com