Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Magnitudo 6,1 Guncang Flores Timur Minggu Dini Hari

Kompas.com - 29/07/2018, 07:52 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (29/7/2018) dinihari, pukul 01.07 Wita.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 6,1.

"Selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,9,"kata Rahmat dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu pagi.

Episenter gempa bumi lanjut Rahmat, terletak pada koordinat 7,23 derajat Lintang Selatan dan 122,69 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 124 kilometer arah utara Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, pada kedalaman 583 kilometer.

Menurut Rahmat, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa, gempa bumi di wilayah Laut Flores ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault).

Sementara itu berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Waingapu dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

"Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,"imbuhnya.

Hingga pukul 01.30 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya."tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com