Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat yang Tua dan yang Muda Daftar Caleg di Pemilu 2019....

Kompas.com - 18/07/2018, 08:40 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


KEDIRI, KOMPAS.com - Hari terakhir masa pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif 2019, para pengurus partai politik (parpol) dan para bakal calon legislatif memadati Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (17/7/2018).

Para bacaleg itu terdiri dari beragam usia dan datang dari berbagai latar belakang profesi. Mereka membawa harapan dan impian besar di bidang politik sehingga memantapkan diri dengan mendaftar sebagai bacaleg.

Prayitno adalah salah satu bacaleg yang turut mendaftar tersebut. Dari sisi usia, pria yang berlatar belakang pensiunan PNS Dinas Pekerjaan Umum ini sudah cukup matang.

"Usia saya 63 tahun," ujarnya saat ditemui di kantor KPU seusai mendaftarkan diri sebagai bacaleg, Selasa.

Baca juga: Mantan Gubernur Kalbar Cornelis Maju Jadi Caleg DPR RI dari PDI-P

Bagi dia, menjadi legislator adalah impian besar. Ada cita-cita yang hanya bisa direngkuh melalui jabatan ini, yaitu dia ingin bekerja dengan orientasi menghapus kemiskinan dan memajukan pendidikan.

Itu mengapa dia tetap bersemangat kembali mendaftarkan diri sebagai bacaleg meski sempat gagal pada pencalonannya pada Pileg 2014 yang lalu.

Prayitno yang berusia 63 tahun mengaku bersemangat mengikuti Pemilihan Legislatif sebagai caleg di Kota Kediri, Jawa Timur dari Partai Nasdem.KOMPAS.com/M AGUS FAUZUL HAKIM Prayitno yang berusia 63 tahun mengaku bersemangat mengikuti Pemilihan Legislatif sebagai caleg di Kota Kediri, Jawa Timur dari Partai Nasdem.

Pada Pileg yang lalu, dia sempat berhasil mengumpulkan suara yang cukup banyak, yaitu 860 suara. Saat itu dia juga berangkat dari Partai Nasdem dan berada di Daerah Pemilihan Kecamatan Mojoroto di Kota Kediri.

Dia enggan mengungkap persiapan finansialnya untuk kembali mencalonkan diri kali ini. Dia hanya menyebut semakin kerap terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial.

"Bersosialisasi saja," ujar pria yang sudah 7 tahun pensiun dari Dinas PU Kediri ini.

Caleg muda

Sementara itu, juga banyak bacaleg muda yang turut hadir untuk mendaftarkan diri. Batasan usia muda adalah sesuai ketentuan perundangan Pemilu yaitu minimal usia 21 tahun.

Salah satu bacaleg muda itu adalah Regina Nadya Suwono yang berusia 21 Tahun. Rere, panggilan akrabnya ini, mendaftar dari Partai PDI Perjuangan. Dia ada di Dapil 2 atau Kecamatan Kota Tengah.

Baca juga: Demokrat Daftarkan 65 Caleg di Kalbar, Berkas Hanura dan PAN Dikembalikan

Perempuan asli Kediri ini menempuh pendidikan mulai dari jenjang SMA hingga sarjana di luar negeri. Dia menamatkan SMA di Singapura dan meraih gelar sarjana di sebuah universitas di Australia.

"Saya (di Australia) jurusan Public Communication," kata Rere ketika ditemui usai pendaftaran.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com