Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesranya 2 Paslon Pilgub Jatim Ini Menyanyikan Lagu "Kemesraan"...

Kompas.com - 27/06/2018, 06:49 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sejenak, suhu panas politik Pilkada Jatim menjadi dingin, Selasa (26/6/2018) malam jelang coblosan. 2 pasang cagub dan cawagub Pilkada Jatim saling rangkul dan saling gandeng di atas panggung dan menyanyikan lagu Kemesraan.

Saat menyanyikan lagu karya Iwan Fals itu, cagub nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansah bahkan terlihat beberapa kali merangkul Pundak Puti Guntur Soekarno, cawagub nomor urut 2.

Pun juga Saifullah Yusuf (Gus Ipul), cagub nomor urut 2 itu juga nampak merangkul pundak Emil Elistyanto Dardak, cawagub nomor urut 1.

Lantunan lagu Kemesraan itu menutup acara doa bersama lintas agama di depan kantor KPU Jawa Timur di Jalan Raya Tenggilis Surabaya. Doa bersama dipandu budayawan Emha Ainun Najib bersama kelompok musik Kyai Kanjeng.

Baca juga: Pilih Siapa di Pilgub Jawa Timur 2018?

Di sela-sela doa bersama, kedua pasangan calon diberi waktu berbicara menegaskan komitmennya untuk siap kalah dan siap menang, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Doa bersama lintas agama itu digelar dengan harapan agar pemungutan suara pada Rabu (27/6/2018) besok berjalan lancar tanpa halangan. "Semoga pencoblosan berjalan lancar dan tidak ada halangan berarti," kata Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito.

Dia juga berharap, perbedaan pilihan antara warga Jawa Timur tidak justru menimbulkan pertikaian. "Perbedaan itu rahmat, apa yang berjalan tidak sesuai dengan yang dikehendaki mari kita selesaikan dengan baik dan melalui mekanisme yang baik pula," jelasnya.

Ada 2 pasangan yang berebut mandat warga Jawa Timur, yakni pasangan Khofifah Indar Parawansah - Emil Elistyanto Dardak yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, PPP, dan Partai Nasdem, serta pasangan Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno yang diusung PKB, PDIP, PKS, dan Partai Gerindra. 

Baca juga: Begini Susahnya Distribusi Logistik Pilkada di Daerah Terpencil 

Kompas TV Masyarakat yang memiliki hak pilih adalah masyarakat yang sudah berusia 17 tahun ke atas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com